Main Article Content

Jessica Tanri Francroyce Zulion Behrry Liviaty Vandana Ira Martika Winarno Adam Afiezan

Corresponding: Jessica Tanri | jessicatanri98@gmail.com
Copyright (C):
Jessica Tanri, Francroyce Zulion Behrry, Liviaty Vandana, Ira Martika Winarno, Adam Afiezan,

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Current Ratio,Net Profit Margin, Stabilitas Penjualan dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal. Populasi penelitian ini berjumlah 69 perusahaan dari sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017. Hubungan likuiditas dan struktur modal yaitu mengukur kemampuan perusahaan saat membayar hutang jangka pendek dengan melihat aset lancar yang ada di perusahaan. Net profit margin akan memperoleh tambahan modal untuk perusahaan baik yang akan dimasukkan ke dalam laba ditahan maupun langsung digunakan untuk investasi. Stabilitas penjualan dapat mempengaruhi struktur modal, dengan kenaikan tingkat pertumbuhan penjualan maka dapat meningkatkan aset lancar dan meningkatkan modal yang ada di perusahaan. Hasil penelitian ini adalah Current ratio dan struktur aktiva berpengaruh dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Net profit margin dan stabilitas penjualan tidak berpengaruh dan signifikan terhadap struktur modal. Current ratio, net profit margin, stabilitas penjualan dan struktur aktiva berpengaruh dan signifikan terhadap struktur modal.

Keyword Current Ratio, Net Profit Margin, Stabilitas Penjualan, Struktur Aktiva dan Struktur Modal

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
TANRI, Jessica et al. Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin, Stabilitas Penjualan dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal di BEI Periode 2014-2017. Owner (Riset dan Jurnal Akuntansi), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 227-239, feb. 2020. ISSN 2548-9224. Available at: <http://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/189>. Date accessed: 13 july 2020. doi: https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.189.

References

Ambarwati, S. (2010). Manajemen Keuangan Lanjut. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Andi, K. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Infokam Nomor I (pp. 49-57). Semarang: Infokam.

Fahmi, I. (2012). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Fatimatuz, Z., & Suwitho. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Aset, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (pp. 1-15). Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Halim, A. (2015). Manajemen Keuangan Bisnis Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Herlambang, S., & Marwoto, B. H. (2014). Pengantar Ilmu Bisnis Cara Mudah Memahami Ilmu Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Parama Publishing.

Hudan, Y., Isynuwardhana , D., & Triyanto, D. N. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal(Studi Pada Perusahaan Pertambangan Sektor Batubara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). e-Proceeding of Management (pp. 1596-1602). Bandung: Universitas Telkom.

Kamaludin, K., & Indriani, R. (2012). Manajemen Keuangan. Bandung: CV. Mandar Maju.

Kasmir, K. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit Rajagrafindo Persada.

Margaretha, F. (2011). Manajemen Keuangan Untuk Manajer Non Keuangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Siregar, H., & Fahmi, M. (2018). Analisis Struktur Aktiva, Net Profit Margin,Dan Current Ratio Terhadap Capital Structure Pada Perusahaan Go Publik Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis STIE IBBI. ISSN 1858-3199. Medan. Medan: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBI.

Sudana, I. M. (2015). Teori & Praktik Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wadati, L. W., & Nafisah, S. (2017). Analisis Pengaruh Struktur Aset, Risiko Bisnis, Pajak Dan Likuiditas Terhadap Keputusan Pendanaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan (pp. 19-23). Semarang: Universitas Stikubank Semarang.