Main Article Content

Aliah Pratiwi Nafisah Nurulrahmatia Puji Muniarty

Corresponding: Aliah Pratiwi | aliahpratiwi@ymail.com
Copyright (C):
Aliah Pratiwi, Nafisah Nurulrahmatia, Puji Muniarty,

Abstract

Perbankan merupakan salah satu tonggak perekonomian di Indonesia, karena perbankan memiliki peran yang sangat penting dalam penyaluran dana untuk berbagai kepentingan dalam komunitas di lingkungan masyarakat. Bank diharuskan tidak hanya menjalankan tugasnya di bidang perbankan, namun wajib memberikan bukti kepedulian terhadap komunitas di masyarakat. Salah satu bentuk kepedulian tersebut adalah program Corporate Social Responsibility (CSR). Banyak manfaat yang diperoleh perbankan dengan pelaksanaan corporate social responsibility, antara lain produk perbankan yang ditawarkan semakin diminati oleh masyarakat dan perusahaan disukai oleh investor. Saat ini masih banyak perusahaan yang masih enggan melaksanakan kegiatan CSR karena menurut mereka untuk melaksanakan berbagai kegiatan CSR berarti perusahaan harus mengeluarkan sejumlah biaya, dan biaya pada akhirnya akan menjadi beban yang harus ditanggung oleh perusahaan sehingga mengurangi pendapatan, dan mengakibatkan tingkat profit perusahaan akan mengalami penurunan. Berdasar latar belakang ini peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh CSR terhadap profitabilitas perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi panel. Regresi panel merupakan perpaduan antara data silang tempat (cross section) dengan data runtun waktu (time series). Pengolahan data menggunakan aplikasi Eviews. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return On Equity (ROE). Kesimpulannya bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dalam hal ini di ukur dengan ROA dan ROE.


 


Kata Kunci : CSR, ROA, ROE

Keyword CSR, ROA, ROE

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PRATIWI, Aliah; NURULRAHMATIA, Nafisah; MUNIARTY, Puji. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Owner (Riset dan Jurnal Akuntansi), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 95-103, jan. 2020. ISSN 2548-9224. Available at: <http://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/201>. Date accessed: 13 july 2020. doi: https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.201.

References

[1] Brigham dan Houston, 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

[2] Fatah Karina dan Haryanto Melinda. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan : Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis - EKONOMIS. Vol. 10, Nomor 2, September 2016. Hal: 1-20

[3] Harrison, Walter. T. Jr. et.al. 2012. Akuntansi Keuangan: International Financial Reporting Standars. Penerjemah Gina Gania. Jakarta: Erlangga.

[4] Heryanto Robby, Juliarto Agung. 2017. Pengaruh corporate social responsibility terhadap profitabilitas perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2014- 2015). Diponegoro journal of accounting. Vol 6, nomor 4. Hal 1-8

[5] Fahmi, Irham. 2015. Manajemen Perbankan Konvesional & Syariah. Jakarta: Mitra Wacana Media.

[6] Fahmi, Irham. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan Teori Dan Soal Jawab. Bandung: ALFABETA.

[7] Kamaludin. 2010. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas dan Reputasi Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Naskah publikasi.

[8] Karunia Mega dan Dzulkirom Moch. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CRS) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 38 No.2 September 2016. Hal: 16-22

[9] Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajagrafindo Persada

[10] Kiroyan, Noke, 2006. “Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) Adakah Kaitan di Antara Keduanya?” Economics Business Accounting Review. Edisi III. September-Desember: 45 – 58.

[11] Lindrawati, Felicia dan Budianto, 2008. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang Terdaftar Sebagai 100 Best Corporate Citizens oleh KLD Research and Analytics,” Majalah Ekonomi. Tahun XVIII, No. 1 April : 66-83

[12] Pramana, i. G. A., & yadnyana, i. K. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja pada Perusahaan Manufaktur. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.16 no.3. Hal 1964-1988

[13] Romadhika Muhammad, Majidah. 2019. Pengaruh biaya Corporate Social Responsibility terhadap profitabilitas
(studi kasus pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia pada tahun 2012-2017). Jurnal E-proceeding of management : vol.6. no.2. Hal 3077-3082

[14] Rudito, B . CSR Corporate Social Responsibility. Sumatera Utara: Rekayasa Sains, 2013.

[15] Rusdianto, Ujang. 2013. CSR Communication A Framwork for PE Practitioners. Yogyakarta: Graha Ilmu

[16] Samryn, L. M. 2014. Pengantar Akuntansi Mudah Membuat Jurnal dengan Pendektan Siklus Transaksi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

[17] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung. Alfabeta.

[18] Syamsuddin, Lukman. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2013.

[19] Untung, Budi Hendrik. 2009. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika

[20] Wibisono, yusuf. 2007. Membedah konsep dan aplikasi csr. Gresik. Fascho publishing.