Analisis Return on Equity dan Debt to Equity Ratio

Authors

  • Sufriani Sufriani Sekolah tinggi ilmu ekonomi Bima
  • M. Rimawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

10.33395/owner.v4i2.228

Keywords:

Return on Equity; Debt to Equity Ratio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Rasio profitabilitas menggunakan Return on Equity dimana membandingkan antara laba setelah pajak dan Ekuitas dan Rasio Solvabilitas menggunakan Debt To Equty Ratio dimana membandingkan total hutang dengan ekuitas pada PT Adaro Energy Tbk dimana semakin tinggi nilai Return on Equity maka semakin tidak baik perusahaan dalam mengelola modal sendiri untuk menghasilakn Laba begitu juga sebaliknya apabila nilai Return on Equity rendah semakin baik. Sedangkan Debt to Equity Ratio tinggi maka pengelolaan ekuitas tidak baik apabila Debt to Equity Ratio rendah maka penggunaan modal sendiri sangat baik karna tidak mengandalkan pendaanaan dari luar.  Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dimana hanya menbandingkan 1 satu variabel saja. Populasi dalam penelitian ini adalah 11 tahun dan sampel dalam penelitian ini selama 9 tahun mulai 2010 sampai tahun 2018 dengan sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Uji statistik mengunakan SPSS v 21 dengan teknik analisis data menggunakan metode one sample t-test. hasil penelitian menunjukan bahwa Return on Equity dikatakan baik dan Debt to Equity Ratio dikatakan baik.. Ini menunjukan bahwa pengelolaan modal sendiri sudah sangat baik karena tidak mengandalkan modal dari pihak luar dan sudah dapat meningkatkan Laba

 

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum Analityc

References

Adriani, Rizki, & dkk. (2015). pengaruh current ratio,debt to Equity ratio,total aset turn over terhadap Return on Equity. jurnal admnistrasi bisnis, 25.

Armin, K. (2019). pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Equity pada perusahaan Food and Baverage yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange (IDX) tahun 2012-2016. Jurnal Media Wahana Ekonomika.

Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fatmawati. (2019). pengaruh kinerja keuangan dan ukuran perusahaan terhadap Harga saham . jurnal Febi, 19.

Fransiska. (2014). pengaruh return on equity, earning per share price earning ratio terhadap return saham pada perusahaan Barang konsumsi di BEI. Jurnal Akuntansi, 2, 1-8.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hani. (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan . Medan : UMSU PRESS.

Hans. (2016). Akuntansi Keuagan Berdasarkan SAK berbasis IFRS. jakarta: IAI.

Harahap. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan . Jakarta : Rajawali Pers.

Hery. (2015). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Center For Academic Publising Service.

Houston, & Brigham, d. (2017). Dasar dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba empat.

Hutahuruk. (2017). Zahir Accounting . Jakarta: Indeks.

IAI. (2015). Standar Akuntansi Keuangan ETAP. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Kasmir. (2016). Analisa laporan Keuangan. Jakarta: Raja grafindo persada.

Komalasari. (2017). pengaruh current ratio, debt to equity ratio, total aset turn over dan ukuran perusahan terhadap kinerja perusahaan pada Perusahaan makanan dan minuman di BEI. Perbanas.

Novita, & Herlambang. (2020). pengaruh Net profit margin, debt to equity ratio dan inventory turnover terhadap harga saham pada perusahaan consumer goods industry yg terdaftar di bursa efek indonesi. Jurnal Owner.

Rahmawati, & Suryono. (2017). Pengaruh DPR, EPS, dan DER terhadap Harga Saham. JUrnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta.

Syamsuddin, L. (2016). Manajemen Keuangan Perusahaan . Jakarta: Rajawali Pers.

Wulandari, & Dkk. (2020). pengaruh ROE, CR, TATO, NPM terhadap Harga Saham Pada perusahaan Manufaktur Sub Costumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Owner .

Yanti, & Oktari. (2018). pengaruh tingkat Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan dan Ukuran kantor Akuntan Publik pada Penundaan pemeikasaan (studi empiris pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016) . eCo-Buss, 15-23.

Zainal, & Marlius. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Pada PT Pegadaian Cabang Ulak Karang. INA-RXiv Paper.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Sufriani, S., & Rimawan, M. (2020). Analisis Return on Equity dan Debt to Equity Ratio. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 308-316. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.228