Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UMSU

Authors

  • Hafsah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Zulia Hanum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Fitriani Saragih Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Retno Widia Ningsih Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

10.33395/owner.v7i1.1260

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Pemahaman Akuntansi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, untuk menguji dan menganalisis perilaku belajar mahasiswa terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan  perilaku belajar mahasiswa terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data melalui penyebaran kuesioner secara online kepada responden, Adapun populasi penelitian berjumlah 371 mahasiswa dengan target sampel sebanyak 175 orang dan yang mengembalikan kuesioner sehingga menjadi responden tetap sebanyak 55 orang, Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil peneltian menunjukkan kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, perilaku belajar mahasiswa berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dan kecerdasan emosional dan  perilaku belajar mahasiswa berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hasil penelitian secara parsial membuktikan bahwa Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa FEB UMSU, Hasil penelitian secara parsial membuktikan bahwa Perilaku Belajar Mahasiswa berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa FEB UMSU, Hasil penelitian secara simultan membuktikan bahwa Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Mahasiswa berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa FEB UMSU.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Aziza, N., & Melandy, R. R. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang, 1–49.

Baradja, L., & Oktaviani, A. A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Mahasiswa Dan Metode Pengajaran Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(1), 41–50.

Ginanjar Ary, A. (2007). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Arga.

Goleman, D. (2006). Emosional Intellegence, Kecerdasan Emosional?: mengapa EQ lebih penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis (2nd ed.). UMSU Press.

Kamaruddin, A. (2010). Akuntansi Manajemen; Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Raja Grafindo.

Mawardi, M, C. (2011). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang.

Nugraha, A. P. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember). Skripsi, 1(1), 1.

Nyoman, N., Rahayu, S., Dewi, T., & Yogantara, K. K. (2017). Pemoderasi. 5(2), 41–48.

Pulungan, D. R., Koto, M., & Syahfitri, L. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Seminar Nasional Royal (SENAR), 9986(September), 401–406.

Sitompul, D. N., & Hayati, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU T.A 2017/2018. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(3), 243–253. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i3.4023

Soemarso. (2010). Akuntansi Suatu Pengantar. PT Rineka Citra.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Wahyu, A. M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang). Jurnal Akuntansi, 3(1), 1–15. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/1609

Published

2022-11-08

How to Cite

Hafsah, H., Hanum, Z. ., Saragih, F. ., & Ningsih, R. W. . (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UMSU. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(1). https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1260