Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UMSU
DOI:
10.33395/owner.v7i1.1260Keywords:
Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Pemahaman AkuntansiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, untuk menguji dan menganalisis perilaku belajar mahasiswa terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar mahasiswa terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data melalui penyebaran kuesioner secara online kepada responden, Adapun populasi penelitian berjumlah 371 mahasiswa dengan target sampel sebanyak 175 orang dan yang mengembalikan kuesioner sehingga menjadi responden tetap sebanyak 55 orang, Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil peneltian menunjukkan kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, perilaku belajar mahasiswa berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dan kecerdasan emosional dan perilaku belajar mahasiswa berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hasil penelitian secara parsial membuktikan bahwa Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa FEB UMSU, Hasil penelitian secara parsial membuktikan bahwa Perilaku Belajar Mahasiswa berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa FEB UMSU, Hasil penelitian secara simultan membuktikan bahwa Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Mahasiswa berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa FEB UMSU.
Downloads
Plum-X Analityc
References
Aziza, N., & Melandy, R. R. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang, 1–49.
Baradja, L., & Oktaviani, A. A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Mahasiswa Dan Metode Pengajaran Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(1), 41–50.
Ginanjar Ary, A. (2007). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Arga.
Goleman, D. (2006). Emosional Intellegence, Kecerdasan Emosional?: mengapa EQ lebih penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis (2nd ed.). UMSU Press.
Kamaruddin, A. (2010). Akuntansi Manajemen; Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Raja Grafindo.
Mawardi, M, C. (2011). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang.
Nugraha, A. P. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember). Skripsi, 1(1), 1.
Nyoman, N., Rahayu, S., Dewi, T., & Yogantara, K. K. (2017). Pemoderasi. 5(2), 41–48.
Pulungan, D. R., Koto, M., & Syahfitri, L. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Seminar Nasional Royal (SENAR), 9986(September), 401–406.
Sitompul, D. N., & Hayati, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU T.A 2017/2018. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(3), 243–253. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i3.4023
Soemarso. (2010). Akuntansi Suatu Pengantar. PT Rineka Citra.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Wahyu, A. M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang). Jurnal Akuntansi, 3(1), 1–15. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/1609
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hafsah, Zulia Hanum, Fitriani Saragih, Retno Widia Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.