Analisis Pemahaman Pajak Penghasilan Dan Sanksi Pajak Terhadap Pelaksanaan Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) Pegawai

Authors

  • Muhammad Falhan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hafsah Hafsah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Zulia Hanum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

10.33395/owner.v7i1.1266

Keywords:

PPh 21, Sanksi pajak, Wajib Pajak Orang Pribadi

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman pajak penghasilan pada wajib pajak orang pribadi (WP OP) pegawai CV. ITS Back To Nature di Kecamatan Medan Tembung dan Bagaimana pemahaman sanksi pajak pada wajib pajak orang pribadi (WP OP) pegawai CV. ITS Back To Nature di Kecamatan Medan Tembung. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan beberapa informan, yakni beberapa pegawai CV. ITS Back To Nature di Kecamatan Medan Tembung. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, sehingga memperoleh gambaran mengenai objek secara faktual, akurat, dan sistematis. Hasil dari penelitian ini adalah pemahaman pajak penghasilan dan sanksi pajak. wajib orang pribadi (WP OP) pegawai CV. ITS Back To Nature di Kecamatan Medan Tembung kurang memahami pajak penghasilan. Sedangkan dengan sanksi pajak para pegawai hanya mengetahui tetapi tidak memahami sehingga banyak yang melanggar sanksi karena kurangnya pengetahuan mengenai sanksi pajak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemahaman pajak penghasilan dan sanksi pajak. wajib orang pribadi (WP OP) pegawai CV. ITS Back To Nature di Kecamatan Medan Tembung tersebut masih minim. Mereka masih belum mengetahui kalau dirinya adalah wajib pajak orang pribadi dengan kategori pegawai tidak tetap dan dengan tarif berapa yang harus dibayar dan bagaimana cara membayarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Arifin, S. B., & Nasution, A. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di Kpp Pratama Medan Belawan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 3(2).

Bahri, S. (2020). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel

Interventing. Riset Akuntansi Dan Bisnis, 20(1), 1–15. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan

Hanum, Z. (2017). Analisis Akuntansi Pajak Penghasilan Pasal 25 Badan. Jurnal Kultura, 8(1), 2–17.

Julianti, M. (2014). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Untuk Membayar Pajak dengan Kondisi Keuangan dan Preferensi Risiko Wajib Pajak Sebagai Variable Moderating (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang Terdaftar di KPP

Pratama Candisari. Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 793–807.

Keuangan, N. 184/PMK. 03/2007 K. M. (n. d. . Tentang Penentuan Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Dan Penyetoran Pajak, Tempat Pembayaran Pajak, Tata Cara Pembayaran, Penyetoran Dan Pelaporan Pajak Serta Tata Cara Pemberian Angsuran Atau Penundaan Pemabayaran Pajak.

Mardiasmo. (2011). Perpajakn Edisi Revisi (Andi (ed.)).

Resmi, S. (2016). Perpajakan Teori dan Kasus (9th ed.). Selemba Empat.

Salman, K. R. (2017). Perpajakan PPh dan PPN (1st ed.). PT. Indeks.

Saragih, F. (2015). Aanalisis Akuntansi Pajak Penghasilan pada CV. karya Natal. 2(1).

Saragih, F. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan dan Sanksi pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi ( KPP Pratama Medan Kota). 6(1), 1–130.

Soemitro, R. (2016). Dasar Perpajakna I. Refika.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan r&d (cet. 7). Alfabeta.

Undang-undang Nomor 28 Thaun 2007 ( Indonesia, 2008). (n.d.). Pajak Adalah Kontribusi Wajib Kepada Negara Yang Terutang Oleh Orang Pribadi Atau Badan Yang Bersifat Memaksa Berdasarkan Undang-Undang, Dengan Tidak Mendapatkan Imbalan Secara Langsung Dan Digunakan Untuk Keperluan Negara Bagi Sebesar- Besarnya Kemakmura. , (2008).

Wahyudi, H., & SANJAYA, S. S. S. (2018). Efek Mediasi Kepatuhan Wajib Pajak Pada Pengaruh Pemahaman Dan Kesadaran WAjib Pajak Terhadap Keberhasilan Penerimaan Pajak Penghasilan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Published

2022-11-15

How to Cite

Falhan, M. ., Hafsah , H. ., & Hanum, Z. . . (2022). Analisis Pemahaman Pajak Penghasilan Dan Sanksi Pajak Terhadap Pelaksanaan Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) Pegawai . Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(1). https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1266