Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana “Prodamas” dalam Mewujudkan Good Government Governance di Tingkat Kelurahan Pemerintahan Kota Kediri

  • Wiwiek Kusumaning Asmoro Politeknik Negeri Malang PSDKU Kediri
  • Novie Astuti Setianingsih Politeknik Negeri Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerapan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana Prodamas terhadap Good Government Governance. Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana Prodamas merupakan upaya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban terutama di tingkat kelurahan, karena kelurahan merupakan penerima dan pengelola dana Prodamas untuk kegiatan pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi-Sosial.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah 46 kelurahan di Pemerintahan Kota Kediri dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik area sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang diberikan kepada aparatur kelurahan, dan pihak Rukun Tetangga (RT) sebagai pelaksana kegiatan Prodamas. Penelitian menunjukkan hasil korelasi terdapat hubungan yang kuat atas variabel transparansi, akuntabilitas dan Good Government Governance.Berdasarkan hasil penelitian, maka tata kelola dana Prodamas di tingkat Kelurahan Pemerintahan Kota Kediri adalah baik karena telah akuntabel dan transparan dalam pengelolaan dana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-31
How to Cite
ASMORO, Wiwiek Kusumaning; SETIANINGSIH, Novie Astuti. Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana “Prodamas” dalam Mewujudkan Good Government Governance di Tingkat Kelurahan Pemerintahan Kota Kediri. Owner, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 270-277, july 2019. ISSN 2548-9224. Available at: <https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/171>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.171.