Studi empiris sistem pembayaran cashless dan cardless

Authors

  • Hermaya Ompusunggu Universitas Putera Batam
  • Poniman Universitas Putera Batam

DOI:

10.33395/owner.v8i2.2037

Keywords:

Cashless, Cardless, Sistem Pembayaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sistem pembayaran  dengan menggunakan cashless dan cardless, khususnya di Kota Batam.  Tahapan penelitian ini dibagi menjadi lima tahapan. Tahapan pertama  yaitu melakukan kajian literatur dan pengembangan konsep penelitian  untuk mendapatkan data yang mendukung permasalahan terkini dalam  latar belakang. Berikutnya Melakukan wawancara, observasi dan  pengumpulan data dari berbagai sumber. Tahapan berikutnya adalah  meninjau perkembangan praktik Cashless dan Cardless di Kota Batam .  Selanjutnya mengidentifikasi motivasi pengguna Cashless dan Cardless  khususnya terkait transaksi e-commerce dan Tahapan terakhir adalah  analisis data serta membuat laporan hasil penelitian. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kualitatif dengan scooping review untuk mengidentifikasi korelasi perkembangan e-commerce dengan Cashless dan Cardless di era society 5.0 serta motivasi apa yang melatarbelakangi masyarakat menggunakan Cashless dan Cardless payment. Scoping  review merupakan metode yang digunakan untuk mengidentifikasi  literatur secara mendalam dan menyeluruh yang diperoleh melalui  berbagai sumber dengan berbagai metode penelitian serta memiliki  keterkaitan dengan topik penelitian.Hasil penelitian menunjukkan  bahwa sistem pembayaran cashless dan cardless banyak diminati

masyarakat. Karena selain mudah, seluruh transaksi dapat tercatat secara  detail sehingga pengguna dapat melacak dan mengontrolnya dan  kemanan tetap terjaga. Namun kelemahannya juga ada yaitu pengguna  bisa semakin boros karena mudah menggunakannya, privasi tidak terjaga  karena otomatisasi sehingga kerahasiaan transaksi sulit untuk ditutupi.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Aaron Golub, A. B. (2022). Equity and exclution issues in cashless fare Payment systems for public transportation. Transportation Research Interdiciplinary Perspectiv.

AE, A. (2017). Literature review of Cashless Society in Indonesia evaluating the progress. international Journal of Innovation, 193-196.

Anugrah MD, O. H. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan E-Money Melalui pembayaran Berbasis Gigital Menggunakan Model UTAUT. Jurnal ilmiah Ekonomi dan Bisnis , 47-56.

D, H. (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita.

Febrinda RR, N. r. (2023). Kesiapan Digitalisasi Sistem Pembayaran Non tunai di Pasar rakyat. Jurnal Ekonomi dan kebijakan Publik, 87-100.

Ghazanfar Ali Abbasi, T. S. (2022). Go Cashless, Determinants of continuance intention to use E_Wallet Apps. Technology in society.

Insight, G. C. (2019). It's Time for a Consumer-Centred Metric: Introducing, Return On Experience.

Mahfuzur rahman, e. (2022). An Emperical Analysis of cashless payment System for Business Transaction. Journal of open Innovation: Teknology, Market and Complexity, 213.

Mahfuzur Rahman, I. I. (2020). Analysing consumer adoption of cashless payment in malaysia. Digital Business.

Marlina L, M. A. (2020). Cashless dan Cardless Sebagai perilaku Transaksi di Era Digital. Jurnal Co Management, 533-542.

Ompusunggu H, M. (2021). . Gender in Mobile Wallet Adoption By Using UTAUT Model. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 26-31.

Patric D. Nunn, R. K. (2019). Cashless Adaptation to Climate Change. Unwelcome yet Unavoidables. One earth.

Shy, O. (2022). Interchange fees with cashless stores, Cashless Consumers and Cash only consumers. Economics Letter.

Vankatesh, e. a. (2021). User Acceptance of Information Tecnology: Toward a Unified View. MIS Quartely, 27, 425-478.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Ompusunggu, H., & Poniman, P. (2024). Studi empiris sistem pembayaran cashless dan cardless. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 8(2), 1117-1124. https://doi.org/10.33395/owner.v8i2.2037