Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Etis Mahasiwa Akuntansi
(Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta Di Surakarta)
DOI:
10.33395/owner.v4i2.216Keywords:
Keywords : Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Understanding of the Code of Ethics in Accounting, Gender, and Ethical BehaviorAbstract
This study aims to analyze the factors that influence ethical behavior of accounting students, including Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Understanding of Accounting Ethics, Gender and Eti Behavior. The population in this study is accounting students in all private universities in Surakarta. The sampling technique uses purposive sampling, with the criteria of students who have taken auditing courses I and II, so we get a sample of 100 respondents. Quantitative research type. Data sources in the form of Primary. Analysis of the data used is multiple linear regression analysis. The results showed that intellectual intelligence had no effect on the ethical behavior of..accounting students, while emotional intelligence, spiritual intelligence, understanding of the accounting ethics code, gender..influenced the ethical behavior of accounting students.
Downloads
Plum-X Analityc
References
Bestari, D S; , Azlina; , Julita;. (2016). Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Asimetri Informasi dan Moralitas Individu Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi dengan Perilaku Tidak Etis Sebagai Variabel Intervening. JOM Fekon, 3, 1436-1447.
Dewi, Tiara Kusuma; Wirakusuma, Made Gede;. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual pada Perilaku Etis Dengan Pengalaman Sebagai Variabel Pemoderator. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 2091-2115.
Fachmi, A. H. N; Utami, S. D. M;. (2017). Etika Profesi Akuntansi Dan Permasalahan Audit. In Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis, 27-28.
Goleman D;. (t.thn.). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Dalam Working With Emotional Intelligence (A. T. Widodo, Penerj., Ke Enam .). Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Handayani; , Hidayat. (2010). Peran Faktor-Faktor Individual dan Pertimbangan Etis Terhadap Perilaku Auditor Dalam Situasi Konflik Audit pada Lingkungan Inspektorat Sulawesi Tenggara. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 83-112.
Hutahahean, M. Umar Bakri; , Hasnawati. (2015). Pengaruh Gender, Religiusitas dan Prestasi Belajar Terhadap Perilaku Etis Akuntan Masa Depan (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta Di Wilayah DKI Jakarta). e-Journal Akuntansi Trisakti, 2(1), 49-66.
M, R. T. (2012). Kecerdasan Intelektual. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Manajemen, 3.
Martadi; , Indiana Farid; , Suranta Sri;. (2016). Persepsi Akuntan, Mahasiswa Akuntansi, dan Karyawan Bagian Akuntansi Dipandang dari Segi Gender Terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.
Mulyadi;. (2001). Sistem Akuntansi. Dalam Buku I Edisi Ke Enam. Jakarta, Jakarta: PT. Salemba Empat.
Mulyadi;. (2002). Auditing (Pengauditan). PT. Salemba Empat.
Obasi, Rosemary O.; Ekatah, Rosemasy Uagbule;. (2016). Demographic Indicators and Professional Ethical Behaviour of Accounting Students. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 18(7), 12-18.
Oktarina, Ridha; , Sany DWita; , Halmawati;. (2017). Pengaruh Gender Terhadap Perilaku Etis Akuntan Di Minangkabau (Studi Eksperimentasi Semu pada Mahasiswa Akuntansi di Kota Padang). Jurnal WRA, 5(1).
Pamela, Astriana;. (2016). Pengaruh Pemahaman Kode etik akuntansi terhadap perilaku etis Pada mahasiswa akuntansi Universitas negri yogyakarta.
Rini, R; Damiati, L;. (2017). Analisis Hasil Audit Pemerintahan Dan Tingkat Korupsi Pemerintahan Provinsi Di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 73.
Soedjatmiko; Abdullah, H; Nor, Asiah;. (2017). Pengaruh Pemahamn Kode Etik Profesi Akuntansi Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa STIE Nasional Banjamasin. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 18-35.
Sugiyono. (2007, 2007). Statistika Untuk Penelitian.
Sugiyono;. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung.
Sutri, H. (2016, September). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku etis mahasiswa akuntansi universitas islam lamongan. Jurnal EKBIS, XVI(2), 809-817.
Su'udiyah, Anis;. (2017). pengaruh kecerdasan intelektual,kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual secara simultan berpengaruh signifikan terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi. XI, 18-24.
Syukriyah Agustini; Adiputra, I Made Pradana;. (2013). Effect of intellectual intelligence, emotional intelligence and spiritual intelligence ethical attitudes of accounting students s1 education university of ganesha singaraa. International conference on enterpreneurship and business management (ICEBM) 2013(ISBN : 978-979-9234-49-0), 21-22.
Trihandandini, R.A Fabiola Meirnayati;. (2005). Analisis Pengaruh Kecerdasa Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. Tesis.
Wardana, A. Gede A. W; Mimba, N.P.S.H.M;. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Gender pada Sikap Etis Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Udayanan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(10), 3501-3530.
Widiyanto I;. (2008). Pointers Metode Penelitian.
Wijayanti, Rita;. (2018). Studi Determinan Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. 14, 142-156.
Zohar, D; Marshall, I;. (2002). SQ:Memanfaatkan SQ dalam Berpikir Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Dalam Mizan (Penyunt.), SQ:Spiritual Intelligence-The Ultimate Intelligence (Astuti, N. B. Ahmad, & B. Ahmad, Penerj., Cetakan Kelima ed.). Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Fediana Asriani Sekartaji, Suhendro Suhendro, Rosa Nikmatul Fajri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.