Dampak E-Tax System dan Konsultan Pajak Terhadap Kepatuhan dengan Kepuasan Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Yohanes Kribiyantara Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Justita Dura Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Mohammad Bukhori Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

10.33395/owner.v8i4.2435

Keywords:

E-Tax System Services, Taxpayer Compliance, Taxpayer Satisfaction

Abstract

Because tax revenue is the main source of state funding for national development, it is essential for the government, particularly the Directorate General of Taxes, to improve taxpayer compliance with tax obligations. Shifting from traditional face-to-face services to digital services, known as the electronic tax system (e-tax system), includes online reporting through e-filing, e-form, e-bupot unification, e-bupot21, and e-invoice. This is one strategy to improve compliance. Tidak banyak penelitian yang dilakukan tentang dampak dari these services on tax compliance, mediated by taxpayer satisfaction, meskipun mereka dimaksudkan untuk mempersederhanakan pembayaran pajak dan diwajibkan. A sample of 117 taxpayers, who are clients of tax consultants and members of the Indonesian Tax Consultants Association (IKPI) Balikpapan Branch, was used in this study to investigate the impact of the e-tax system on taxpayer compliance in Balikpapan City, with taxpayer satisfaction as an intervening variable. SmartPLS 4.0.9.6 software was used for data analysis using SEM-PLS. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan e-tax system berdampak positif dan signifikan terhadap taxpayer satisfaction dan compliance. Furthermore, taxpayer satisfaction has a positive and significant impact on taxpayer compliance. Additionally, as an intervening variable, taxpayer satisfaction has a positive and significant impact on taxpayer compliance

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Ajzen, I. (1991). THEORY OF PLANNED BEHAVIOR. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211. https://doi.org/10.24014/jel.v4i1.17

Alexandra, A., & Ngadiman, D. (2021). Pengaruh E - Tax, Pengetahuan Perpajakan Dan Tarif Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak Orang Pribadi. Jurnal Paradigma Akuntansi, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.24912/JPA.V3I1.11397

Deva, S., & Triyono, T. (2021). Pengaruh Penerapan E-filing dan Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: Kepuasan Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 102–112.

Ernita, K., & Sudjiman, P. E. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN E-TAX TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibitung).

Florence, V., & Suhartono, S. (2023). Kepuasan Kualitas Pelayanan Memediasi Pengaruh Penerapan E-Filling Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi, 12(1), 23–35. https://doi.org/10.46806/JA.V12I1.913

Gunadi. (2020). Pemeriksaan, Investigasi, dan Penyidikan Pajak. Dalam Pemeriksaan.

Hibatulwassi, R. S., Ratnawati, V., & Wahyuni, N. (2021). PENERAPAN E-SYSTEM DALAM KEPATUHAN PAJAK BADAN: MODERASI PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN DAN SANKSI PAJAK. Jurnal Kajian Akuntansi dan Auditing, 16(2), 80–91. https://doi.org/10.37301/jkaa.v16i2.53

Islam, S., Martaleni, M., & Astuti, R. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN ELEKTRONIK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN KPP PRATAMA PASURUAN MELALUI KEPUASAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL PENGHUBUNG. Manajemen & Bisnis Jurnal, 6(1), 40–62. https://doi.org/10.37303/embeji.v6i1.110

Jaya. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. QUADRANT.

Juliantari, N. K. A., & Sudiartana, I. M. (2021). PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL, SANKSI PAJAK, DAN SOSIALISASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT GIANYAR. 3(1).

Kanwil DJP Kaltimtara. (2023). Rasio penyampaian Surat Pemberitahuan.

Kasmir. (2022). Pengantar Metodologi Penelitian Untuk Ilmu Manajemen, Akuntansi, Dan Bisnis.

Lestari, D., Falah, S., & Muslimin, U. R. (2023). PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, DAN PENERAPAN E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA JAYAPURA. 13(2).

Misra, F. (2019). TAX COMPLIANCE: THEORIES, RESEARCH DEVELOPMENT AND TAX ENFORCEMENT MODELS. ACCRUALS (Accounting Research Journal of Sutaatmadja), 3(2), 189–204. https://doi.org/10.35310/accruals.v3i2.72

Murniati, A., & Dura, J. (2019). ANALISIS KINERJA KEUANGAN BANK PERSEPSI SEBELUM DAN SETELAH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TAX AMNESTY. 4(1).

Nugraheni, A. P., Sunaningsih, S. N., & Khabibah, N. A. (2021). Peran Konsultan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 4(1), Editing. https://doi.org/10.18196/jati.v4i1.9701

Pribadi, F. K., Rosidi, R., Martaleni, M., & Muawanah, U. (2023). Pengaruh Servequal Dan E-Govqual Terhadap Kepatuhan Pajak Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 9(4), 486–494. https://doi.org/10.29303/jseh.v9i4.434

Puspita, A. F., Rusydi, M. K., & Purwanti, L. (2023). Peran Big Data dalam Membangun Smart City untuk Sistem Perpajakan Daerah. Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen, 6(2). https://doi.org/10.33795/jraam.v6i2.004

Tjiptono, F., & Diana, A. (2022). Manajemen dan Strategi Kepuasan Pelanggan.

Vieri Delvechio, Indra Pahala, & Tri Hesti Utaminingtyas. (2024). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 4(3), 838–851. https://doi.org/10.21009/japa.0403.14

Wahyuni, N., Kurnia, P., & Faradisty, A. (2020). Analisa Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan dan Kebijakan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi di KPP Pratama Bangkinang). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 13(2), 88–97. https://doi.org/10.35143/JAKB.V13I2.3835

Wansu, E. E., & Dura, J. (2024). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Capital Intensity Terhadap Tax Avoidance: (Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia). Owner, 8(1), 749–759. https://doi.org/10.33395/owner.v8i1.1871

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Kribiyantara, Y., Dura, J., & Bukhori, M. . (2024). Dampak E-Tax System dan Konsultan Pajak Terhadap Kepatuhan dengan Kepuasan Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening . Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 8(4), 4582-4595. https://doi.org/10.33395/owner.v8i4.2435