Analisis Determinan Pengungkapan Internet Financial Reporting pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Tria Meinawati Universitas Islam Batik Surakarta
  • Suhendro Suhendro Universitas Islam Batik Surakarta
  • Endang Masitoh Universitas Islam Batik Surakarta

DOI:

10.33395/owner.v4i2.253

Keywords:

aProfitabilitas, aLikuiditas, UkuranaPerusahaan, aUmur Perusahaan, ReputasiaAuditor , dan InternetaFinancial Reporting

Abstract

Internet Financial Reporting merupakan pelaporan informasi keuangan melalui internet.  Tujuan dari penelitian ini menganalisis pengaruh dari Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Reputasi Auditor terhadap pengungkapan Internet Financial Reporting pada perusahaan Manufaktur di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sampai dengan tahun 2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 89 perusahaan dengan periode pengamatan 2017-2018. Data sampel kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 22.  Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Reputasi Auditor berpengaruh secara parsial terhadap pengungkapan Internet Financial Reporting. Sedangkan Likuiditas tidak berpengaruh  secara parsial terhadap pengungkapan Internet Financial Reporting. Sedangkan secara simultan Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Reputasi Auditor secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap pengungkapan Internet Financial Reporting.

 

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Abdullah, M. D. F., Ardiansah, M. N., & Hamidah, N. (2017). The Effect of Company Size, Company Age, Public Ownership and Audit Quality on Internet Financial Reporting. Sriwijaya International Journal of Dynamic Economics and Business, 1(2), 153–166.
Ade Rahma, A., Lusiana, L., & Indriani, P. (2009). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Size Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Benefita, 4(2), 210.
Alhajjriana, G. I., Nor, W., & Wijaya, R. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Internet Financial Reporting Pemerintah Daerah dan Implikasinya terhadap Akuntabilitas Laporan Keuangan Daerah. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 17(2), 100–109.
Gunawan, A. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Kualitas Informasi Internet Financial Reporting Dengan Kepemilikan Saham Publik Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Sosial, 10(1), 1–10.
Khikmawati, I., & Agustina, L. (2015). Analisis Rasio Keuangan Terhadap Pelaporan Keuangan Melalui Internet Pada Website Perusahaan. Accounting Analysis Journal, 4(1), 1–8.
Lidiyawati, L., & Wulandari, R. (2015). The Effect of Ratio, Issuance of Stocks and Auditors’ Quality toward the Timeliness of Financial Reporting on the Internet by Consumer Goods Sector Companies in Indonesia. Binus Business Review, 6(3), 439. h
Narsa, I. M., & Pratiwi, F. F. (2012). Internet Financial Reporting , Pengungkapan Informasi Website , Luas Lingkup Pelaporan Internet ,. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 18(2), 259–273.
Pervan, I. (2006). Voluntary Financial Reporting on the Internet Analysis of the Practice of Stock-Market Listed Croatian and Slovene Joint Stock Companies. Financial Theory and Practice, 30(1), 1–27.
Pinto, I., & Ng Picoto, W. (2016). Configurational analysis of firms’ performance: Understanding the role of Internet financial reporting. Journal of Business Research, 69(11), 1–6.
Ratna Puri, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pelaporan Keuangan Melalui Internet. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 383–390.
Reskino, & Sinaga, N. N. J. (2017). Kajian Empiris Internet Financial Reporting Dan Praktek Pengungkapan. Media Riset Akuntansi, Auditing Dan Informasi, 16(2), 161.
Rini, R. (2016). Penerapan Internet Financial Reporting untuk Meningkatkan Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 7(2), 288–306.
Rizqiah, R. N., & Lubis, A. T. (2019). Penerapan Internet Financial Reporting (IFR) Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 5(1), 63–81.
Satria, R., & Supatmi, . (2013). Reaksi Pasar Sebelum dan Sesudah Internet Financial Reporting. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 15(2), 86–94.
Saud, I. M., Ashar, B., & Nugraheni, P. (2019). Analisis Pengungkapan Internet Financial Reporting Perusahaan Asuransi-Perbankan Syariah Di Indonesia-Malaysia. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 19(1), 35–52.
Widari, P. putri, Saifi, M., & Nurlaily, F. (2018). Analisis Internet Financial Reporting (IFR) (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public di Indonesia, Singapura, dan Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis, 56(1), 100–109.

Downloads

Published

2020-08-01

How to Cite

Meinawati, T., Suhendro, S., & Masitoh, E. (2020). Analisis Determinan Pengungkapan Internet Financial Reporting pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 412-422. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.253