Main Article Content

Vira Damayanti Amir Hidayatulloh

Corresponding: Amir Hidayatulloh | amir.hidayatulloh@act.uad.ac.id
Copyright (C):
Vira Damayanti, Amir Hidayatulloh,

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan salah satu yang berperan mengarahkan mahasiswanya menjadi pencipta kerja bukan lagi pencari kerja. Salah satu caranya dengan membuka lapangan pekerjaan dengan berwirausaha. Sehingga, perlu adanya penelitian yang meneliti faktor apa saja yang dapat membentuk self efficacy dan bagaimana dampaknya pada minat berwirausaha. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis anteseden self efficacy dan dampaknya pada minat berwirausaha. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. Sedangkan, sampel penelitian ini adalah mahasiswa Strata I (S-1). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Penyebaran data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square dengan bantuan alat WarpPLS. Responden dalam penelitian berjumlah 350 responden. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap self efficacy. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh pengetahuan kewirausahaan dan self efficacy. Akan tetapi, lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha.

Keyword Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Self Efficacy, Minat Berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
DAMAYANTI, Vira; HIDAYATULLOH, Amir. Anteseden Self Efficacy dan Dampaknya pada Minat Berwirausaha. Owner : Riset dan Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 433-441, aug. 2020. ISSN 2548-9224. Available at: <https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/254>. Date accessed: 28 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.254.

References

Alma, B. (2010). Kewirausahaan (edisi revisi). Bandung: Alfabeta.

Anggraeni, B., & Harnanik. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Smk Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 42–52.

Aprilianty, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 311–324. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1039

Bandura, A. (1997). Toward A Unifying Theory Of Behavioural Change. Psychological Rewiew, 84, 191–215.

Bouchard, T. B. (1990). Influence of Self Efficacy on Performance in a Cognitive Task. The Journal of Social Psychology, 30(3), 353–363.

Dewi, N. L. A. (2016). Pengaruh Sikap Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Mengelola Usaha Pada Peserta Program Mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–11.

Endraswara, S. (2015). Filsafat Ilmu: Konsep, Sejarah dan Pengembangan Metode Ilmiah. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 273–289.

Fu’adi, I. F., Eko, B., & Murdani. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha Dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas Xii Teknik Otomotif Smk Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 9(2), 129855.

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Journal Of Innovation And Entrepreneurship, 2(3), 291–314.

Indriyani, I., & Subowo. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self-Efficacy. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31493

Kurniawan, A., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Kepribadian Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education, 5(1), 100–109.

Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195–207.

Noviantoro, G. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nursito, S., & Nugroho, A. J. S. (2013). Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Wirausaha. Kiat Bisnis, 5(3), 148– 158.

Paulina, I., & Wardoyo. (2012). Faktor Pendukung Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal Dinamika Manajemen, 3(1), 1–10.

Peng, Y., Kong, R., & Turvey, G. C. (2015). Impacts Of Self-Efficacy On Perceived Feasibility And Entrepreneurial Intentions: Empirical Evidence From China. International Conference Of Agricultural Economists.

Puspitaningsih, F. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Wirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Stkip Pgri Trenggalek. Dewantara, 2(1), 71–84.

Rahmani, M., & Efendi, M. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Praktik Kerja Industri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian PemasaranSMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi.

Suryana. (2009). Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Syaifudin, A. (2017). Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Profita, 8.

Wawan, A., & Dewi, M. (2001). Teori & Pengukuran Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Medika, Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Zayyan, I. S., & Nurkhin, A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Young Entrepreneur Melalui Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 7, 1–7.