Main Article Content

Wirda Lilia Sari Indah Lestari Situmeang Verawaty Verawaty Davin Hartanto

Corresponding: Sari Indah Lestari Situmeang | sari.indahlestari17@gmail.com
Copyright (C):
Wirda Lilia, Sari Indah Lestari Situmeang, Verawaty Verawaty, Davin Hartanto,

Abstract

Meningkatnya permintaan terhadap tanah dan bangunan mengakibatkan melonjaknya pembangunan pada sektor property dan real estate. Namun yang harus diketahui adalah bagaimana suatu perusahaan mengelolah struktur modalnya. Struktur modal yang baik pasti akan memiliki dampak yang baik bagi nilai atau finansial sebuah perusahaan yang tinggi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan property dan real estate.Populasi yang terdapat dalam penelitian ini sebanyak 61 perusahaan. Sampel dari penelitian ini adalah 28 perusahaan yang diseleksi dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan total sampel selama 4 tahun 112 sampel penelitian. Metode penelitian menggunakan Teknik Analisis  dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian dari Uji F diperoleh bahwa Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap Struktur Modal.Pada Uji t variabel Profitabilitas dan variabel Likuiditas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Struktur Modal.Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal pada perusahaan Property dan Real Estate pada perusahaan property dan real estate. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan besar nilai Adjusted R Square (R2) sejumlah 0,292 atau sama dengan 29,2% dapat berpengaruh dari variabel independen sedangkan selebihnya yaitu 0,64110 atau sama dengan 64,1% dipengaruhi variabel diluar penelitian.

Keyword Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, struktur Modal

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
LILIA, Wirda et al. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI. Owner : Riset dan Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 627-639, aug. 2020. ISSN 2548-9224. Available at: <https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/259>. Date accessed: 25 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.259.

References

Atmojo, P., & Susilowati, D. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Textile Dan Garment Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal GeoEkonomi ISSN-Elektronik , 74.

Ayu Melyani, I. G., Suci, N. M., & Cipta, W. (2019). Pengaruh Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Prospek , vol.1 No.2.

Bhawa, I. B., & Dewi S, R. M. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, Dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Perusahaan Farmasi. E-jurnal Managemen Unud , Vol.4 No.7.

Cahyani, N. I. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Size, kepemilikan Institutional, Dan Tangibility terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan riset Akuntansi , 614.

Denziana, A., & Yunggo, E. D. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate And Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015. Jurnal Akuntansi & Keuangan , Vol.8 No.1 Hal 51-67.

Deviani, M. Y., & Sudjarni, L. K. (2018). Pengaruh Tingkat Pertumbuhan, Struktur Aktiva, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Pertambangan di BEI. Manajemen Unud , 1222-1254.

Dewi, R., Suci, M., & Mahardika, A. M. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate Di BEI. Jurnal Prospek , vol.1 No.2.

Eviani, A. D. (2015). Pengaruh Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Dividend Payout Ratio, Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi , vol. 11 No.2.

Fahmi, L. Z. (2017). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan riset akuntansi , 780.

Farisa, N. A., & Widati, L. W. (2017). Analisa Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva Dan Kebijakan Dividen Terhadap Struktur Modal. FEB Universitas Stikubank/UNISBANK , 640.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Krisnanda, P. H., & Wiksuana, I. G. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Dan Non-Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud , Vol.4 No.5.

Kusna, I., & Setijani, E. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Growth Opportunity Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Unmer , 93-102.

Maha Dewi, D. A., & Sudiartha, G. M. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan. E-jurnal Manajemen Unud , vol.6 No.4.

Maryanti, E. (2016). Analisis Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Univ Muhammadiyah Sidoarjo , 143.

Purwana, M. A., Titisari, K. H., & Suhendro. (2019). Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modal. Univ Islam Batik Surakarta .

Qusibah, V. L., & Yusra, I. (2019). Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Sebagai Faktor Penentu Leverage Perusahaan Di Indonesia. Jurnal Pundi , vol.03 No.01.

Rahmiati, Yumna, A., & Gusti, M. A. (2016). Analisis Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Asset, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis , Vol. 6 No. 2.

Sari, A. N., & Oetomo, W. H. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Aset Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan Riset manajemen , vol.5 No.4.

Seftianne. (2011). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Alumnus STIE Trisakti Jurnal Bisnis dan Akuntansi , vol. 13 No.1.

Septiani, N. P., & Suaryana, I. G. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Risiko Bisnis dan Likuiditas pada Struktur Modal. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , vol.22.3.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Weko Hartoyo, A. K., Khafid, M., & Agustina, L. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruh Struktur Modal Perusahaan Tekstil Dan Garmen Di BEI. Journal Unnes , AAJ 3 (2).

Widayanti, L. P., Triaryati, N., & Abundanti, N. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Tingkat Pertumbuhan Perusahhaan, Likuiditas, Dan Pajak Terhadap Struktur Modal Pada Sektor Pariwisata. E-Jurnal Manajemen Unud , vol.5 No.6.

Zuhro MB, F. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Aset, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. STIESIA Surabaya Jurnal Ilmu dan Manajemen , vol.5 No.5.