Analisis Kualitatif Hubungan Budaya Kerja Organisasi dengan Opini Audit

(Studi Kasus Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Majene)

Authors

  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Sulawesi Barat
  • Indayani B Universitas Sulawesi Barat

DOI:

10.33395/owner.v4i2.303

Keywords:

Budaya kerja, Organisasi, Opini Audit, WTP

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan tentang hubungan antara buda kerja organisasi denga opini audit  pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Majene. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. pelaksanaan penelitian dilakukan melalui pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara selanjutnya melakukan analisis data dengan cara mengidentifikasikan dan transkripsi hasil observasi, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja organisasi berhubungan dengan opini audit, hal ini ditunjukkan atas lima budaya kerja organisasi yang diterapkan oleh Pemerintahan Kabupaten Majene yang berhubungan dengan perolehan opini audit wajar tanpa pengecualian yaitu budaya Transparansi, Budaya Etika Publik, Budaya Komunikatif, Budaya Anti Korupsi dan Budaya Disiplin serta Teliti, dalam penelitian ini diberi nama atau istilah TEKAD. Kelima budaya ini utamanya diaplikasikan dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Transparansi dalam penyajian laporan, memahami etika publik dan menyadari peranan sebagai pelayan publik, menjunjung nilai anti korupsi dalam pelaksanaan dan pelaporan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), dan Disiplin dalam ketepatan waktu pelaporan, serta teliti di setiap tahap-tahap penyusunan laporan.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

[1] Abdussamad Juriko. Analisis Budaya Organisasi dalam meningkatkan kinerja pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Provinsi Gorontalo. UNG Repository. 2015

[2] Creswell, J. W. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approach. 3rd Edition. Los Angeles: SAGE Publication Inc; 2009.

[3] Harajito Yunus. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan penerimaan opini audit going concern, Surakarta: Jurnal Akuntansi/Volume XIX, No.01, Januari 2015: (31-49)

[4] https://humas.majenekab.go.id diakses Rabu, 20 Juli 2020 pukul 13: 45 WITA.

[5] Jamaluddin, Rudi Salam, Harisman Yunus & Haedar Akib. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2017 Vol. 4, No. 1: (25-34).

[6] Kretner & Kinichi. Organization Behavior Edisi Sembilan.Jakarta: Salemba Empat. 2014.

[7] Mulyadi. Auditing buku 1. Jakarta: Salemba Empat; 2010.

[8] Noverio Rezkhy, Dewayanto Totok. Analisis Pengaruh Kualitas Auditor, Likuiditas, Profitabilitas dan Solvabilitas terhadap Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Yogyakarta: Junal Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro; 2011.

[9] Rante I, Salle A dan Marlissa E.R. Analisis Terhadap Pemberian Opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang. Papua. Keuda Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 2018 Vol.3, No.2: (1-12)

[10] Riani, Asri Laksmi. Budaya Organisasi. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2011.

[11] Sujoko Efferin, Stevanus Hadi Darmadji & Yuliawati Tan. Metode Penelitian Akuntansi mengungkap fenomena dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu;2008.

[12] Tampubolon, Manahan. P. Periku Keorganisasian. Bogor: Ghalia Indonesia; 2008

Downloads

Published

2020-08-04

How to Cite

Nurhidayah, N., & B, I. (2020). Analisis Kualitatif Hubungan Budaya Kerja Organisasi dengan Opini Audit: (Studi Kasus Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Majene). Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 505-516. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.303