Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Kinerja Anggaran Berkonsep Value of Money pada Pemerintah Kabupaten Nias

  • Victorinus Laoli Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan

Abstract

Jenis penelitian ini assosiatif kausal, pengambilan data dengan kuesioner, dan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling serta penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder dan diolah menggunakan alat bantu program statistik dengan pengujian analisis data, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian maka kesimpulannya bahwa secara parsial akuntabilitas berpengaruh terhadap kinerja anggaran berkonsep value for money sedangkan variabel transparansi secara parsial tidak berpengaruh. Dan secara simultan variabel akuntabilitas dan transparansi bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja anggaran berkonsep value for money. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan agar pemerintah Kabupaten Nias dapat meningkatkan dan mempertahankan akuntabilitas, sedangkan transparansi harus dapat diperbaiki dan perlu lebih terbuka. Secara simultan akuntabilitas dan transparansi sangat berpengaruh terhadap kinerja anggaran sehingga perlu dipertahankan untuk memperoleh hasil kinerja atau pelayanan yang ekonomis, efesien dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-01
How to Cite
LAOLI, Victorinus. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Kinerja Anggaran Berkonsep Value of Money pada Pemerintah Kabupaten Nias. Owner, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 91-102, feb. 2019. ISSN 2548-9224. Available at: <https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/108>. Date accessed: 27 may 2019. doi: https://doi.org/10.33395/owner.v3i1.108.