Petunjuk Menulis

Judul

Judul menggambarkan subjek naskah secara memadai, jelas, tepat, bukan multi-interpretasi dan terdiri dari maksimal 14 kata. 

Penulis

Jumlah maksimum penulis adalah 5 orang. Nama penulis harus ditulis tanpa diikuti oleh judul.  Harap menuliskan dengan jelas siapa yang bertanggung jawab atas korespondensi di semua tahap publikasi (Corresponding Author), termasuk pasca publikasi. Pastikan penulisan nama, alamat email, institusi dan lainnya sesuai dengan template. 

Abstrak

1. Abstrak diharapkan untuk meringkas semua isi naskah mulai dari Pendahuluan, Masalah, Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah, Hasil, Diskusi dan Kesimpulan yang diperoleh
2. Abstraksi tidak diizinkan menggunakan singkatan
3. Dalam Abstrak tidak diizinkan untuk menyertakan merek dagang
4. Dalam Abstrak tidak diizinkan mengandung kutipan
5. Jumlah kata dalam abstrak harus berkisar antara 200-250 kata
6. Kata kunci menyatakan kata kunci inti tentang penelitian yang dilakukan yang berisi maksimal 5 kata. 

Pendahuluan

Dalam pendahuluan, peneliti diharapkan dapat menjelaskan fenomena yang ada, masalah yang akan dibahas, 3-5 penelitian sebelumnya, dan solusi yang ditawarkan. 

Landasan Teori

Berisi teori-teori yang mendukung penelitian. Peneliti dapat mengambil teori yang sesuai dengan penelitian dan bersumber dari jurnal yang sudah memiliki DOI. Perlu penekanan terhadap ini. Sumber rujukan harus menggunakan DOI.  

Metode yang Diusulkan

Pada bagian ini, setiap peneliti diharapkan dapat memberikan kontribusi terbaru terkait dengan solusi untuk masalah yang ada. Peneliti juga dapat menggunakan gambar, diagram dan diagram alur untuk menjelaskan solusi untuk masalah ini. 

Hasil dan Pembahasan

Pada bagian ini, peneliti akan menjelaskan hasil penelitian yang diperoleh. Peneliti juga dapat menggunakan gambar, tabel dan kurva untuk menjelaskan hasil penelitian. Setelah selesai menjelaskan hasil penelitian, peneliti dapat memberikan diskusi sederhana terkait dengan hasil uji coba penelitian. 

Kesimpulan dan Saran

Bagian ini berisi kesimpulan tentang penelitian yang dilakukan dan saran untuk penelitian lebih lanjut. 

Ucapan Terima Kasih

Penulis boleh menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak - pihak yang membantu dalam penulisan karya ilmiah. Sifatnya adalah opsional. 

Referensi

Karena semua makalah Owner diterbitkan secara online, termasuk referensi, diwajibkan untuk menyertakan tautan permanen (DOI) untuk semua referensi yang tersedia secara online. Referensi yang menghubungkan ke sumber daya online temporary tidak dapat diterima. Hanya tautan permanen ke sumber daya online yang diterima (lihat CrossRef, atau serupa). Kami tidak menerima sumber referensi tanpa menggunakan DOI.

Untuk setiap referensi, tautan online permanen sertakan di akhir referensi masing-masing menggunakan gaya APA CITATION STYLE 

catatan:

Naskah yang diterima:

Kami menerima makalah dalam bentuk elektronik Microsoft Word (.docx) saja.
Harap dicatat bahwa naskah harus diformat dengan benar agar dapat diterima.
Instruksi pemformatan dapat ditemukan dalam template Word berikut (template .DOCX) dan harus diikuti dengan ketat.

Makalah harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan diserahkan dalam bentuk Camera Ready. Wajib mengirimkan karya asli Anda dalam format Microsoft Word (.DOC) dengan menggunakan sistem pengiriman naskah online kami (OJS). Kami akan melakukan pemformatan terakhir dan semua konversi format yang diperlukan dari naskah Anda.

Anda harus masuk ke "Online Submission" dan mengunggah naskah Anda dengan menggunakan antarmuka online. Semua versi selanjutnya (revisi setelah review proses) harus diunggah dengan menggunakan ID Naskah yang sama dan kata sandi yang Anda tentukan.