Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Total Aset dan Rasio Kelipatan Bunga yang Dihasilkan terhadap Rentabilitas pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2017

  • Leny Anggara Universitas Prima Indonesia
  • Veronica Veronica Universitas Prima Indonesia
  • July Stevani Universitas Prima Indonesia
  • Kiki Lisdia Universitas Prima Indonesia
  • Stepfani Chandra Universitas Prima Indonesia
  • Afrizar Pane Universitas Prima Indonesia
  • Surya Kelana Putra Universitas Prima Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan, perputaran total aset dan rasio kelipatan bunga yang dihasilkan terhadap rentabilitas baik secara simultan maupun secara parsial pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012–2017. Penarikan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 54 observasi pengamatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel pertumbuhan penjualan, perputaran total aset dan rasio kelipatan bunga yang dihasilkan berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas. Secara parsial, variabel pertumbuhan penjualan dan perputaran total aset tidak berpengaruh terhadap rentabilitas sedangkan variabel rasio kelipatan bunga yang dihasilkan berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-13
How to Cite
ANGGARA, Leny et al. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Total Aset dan Rasio Kelipatan Bunga yang Dihasilkan terhadap Rentabilitas pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2017. Owner, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 40-53, july 2019. ISSN 2548-9224. Available at: <https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/121>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.121.