Corporate Social Responsibility Dan Risiko Investasi Terhadap Reputasi Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Leni Agustina Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara
  • Eka Nurmalasari Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara
  • Widia Astuty Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara

DOI:

10.33395/owner.v7i1.1218

Abstract

Reputasi perusahaan  menunjukkan  bahwa  Informasi  keuangan  dan non  keuangan  memainkan  peranan  yang  penting  dalam  membangun  reputasi perusahaan. Reputasi perusahaan  pada  gilirannya  akan  mempengaruhi  investor  individu  untuk membeli  atau   menjual   saham   suatu   perusahaan.   Reputasi   perusahaan mempengaruhi pengambilan   keputusan   investor   karena   sebagian   besar   investor   beranggapan   bahwa peluang  investasi  yang  baik berasal  dari  perusahaan  terkenal. Faktor lain yang mempengaruhi reputasi perusahaan ialah pengungkapan Corporate Social RensponsibilityCorporate Social Rensponsibility merupakan salah satu hal yang sangat berperan untuk membangun citra dan reputasi yang baik. Corporate Social Responsibility (CSR) muncul karena adanya kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan sosialnya, sebagai akibat dari explorasi yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produksinya dalam hal ini terkait dengan polusi yang ditimbulkan dari bahan bakar yang digunakan oleh perusahaan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility dan risiko investasi terhadap reputasi perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan subsector transportasi di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 32 perusahaan dengan tahun pengamatan dimulai dari 2018-2020 sehingga diperoleh 96 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur berupa uji statistic deskriptif, uji autokorelasi, uji korelasi antar variabel, dan uji koefisien jalur dengan alat bantu Statistical Program for Social Science diperkuat dengan uji sobel. Risiko investasi tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.

Kata kunci : Corporate Social Responsibility;investor;profitabilitas; Reputasi perusahaan; risiko investasi

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Abdul Wahab, S. (2008). Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara.

Adeputra, M., & Wijaya, I. (2015). Pengaruh Nilai Tukar, Net Profit Margin, Return on Assets, Suku Bunga dan Inflasi terhadap Return Saham Food and Beverage. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 209–216.

Alfiansyah, R., & Listiani, E. (2016). Paid Promote Sebagai Media Promosi. Prosiding Manajemen Komunikasi, 157–162.

Alviansyah & Adiputra, I. G. (2021). Keuangan Yang Dimediasi Manajemen Laba. III(1), 24–33.

Arifin, J., & Wardani, E. A. (2016). Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure, Reputasi, Dan Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 20(1), 1–11.

Bambang, R. (2012). Dasar-dasar Pembelanjaan (Edisi 4). BDFE.

Coombs, W. . (2010). Parameters for Crisis Communication. In W.T. Coombs & S.J. Holladay (Eds.), The Handbook of Crisis Communication. WileyBlackwell.

Dahrani. (2021). Effect Of Return On Asset And Debt To Equity Ratio To Tax Avoidance In Company. International Journal of Economics, Technology and Social Sciences, 2(2), 454–461. http://ypppal-amsi.or.id/penelitian/index.php/IFR/article/view/3

Daud, A. (2016). Pengaruh inovasi, layanan, dan keunggulan posisional pada kinerja pemasaran. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 66–78.

Dea Haska. (2017). PENGARUH RISIKO INVESTASI, RETURN ON EQUITY (ROE) DAN PROCEEDS TERHADAP UNDERPRICING DENGAN REPUTASI UNDERWRITER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG IPO DI BEI PERIODE 2010-2014. Jom FEKON, 4(1), 1–14.

Ghozali, I. D. (2015). Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd Editio). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gray, et. al. (1995). Corporate Social and Environmental Reporting: A Review of Literature and a Longitudinal Study of UK Disclosure. Accounting, Audiitng, and Accountability Journal, 8(5), 47–76.

Gultom, R., Agustina, & Wijaya, S. W. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. In Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (Vol. 3, Issue 1).

Heinze. (1976). Financial Correlates of Social Involvement Measure. Akron Business and Economic Review, 7(1), 48–51.

Indra, D. Q. (2021). ANALISIS REPUTASI GENRE INDONESIA PADA KOMUNITAS DUTA GENRE. Thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

John Elkington. (1997). Cannibals With Forks?: The Tripple Bottom Line of 21st Century Business Oxford. Capstone.

Karacabey, A. A. dan Y. K. (2004). Investment Management and Financial Innovations.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. PT RajaGrafindo Persada.

Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII Solo.

Seran, C. R. B. (2019). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Pada Konveksi Marsalia. Other Thesis, Stie Malangkucecwara.

http://repository.stie-mce.ac.id/46/

Syamsuddin, L. (2000). Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. PT Raja Grafindo Perkasa.

Tandelilin, E. (2000). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. BPFE.

Widiyanti, D. I., & Lovett, M. M. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility Program “Pojok Baca” Pt Pertamina Ep Dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan. Scriptura, 11(2), 85–95.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Agustina, L. ., Nurmalasari, E. ., & Astuty, W. . (2023). Corporate Social Responsibility Dan Risiko Investasi Terhadap Reputasi Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 687-699. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1218