Corporate Social Responsibility Dan Risiko Investasi Terhadap Reputasi Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening
DOI:
10.33395/owner.v7i1.1218Abstract
Reputasi perusahaan menunjukkan bahwa Informasi keuangan dan non keuangan memainkan peranan yang penting dalam membangun reputasi perusahaan. Reputasi perusahaan pada gilirannya akan mempengaruhi investor individu untuk membeli atau menjual saham suatu perusahaan. Reputasi perusahaan mempengaruhi pengambilan keputusan investor karena sebagian besar investor beranggapan bahwa peluang investasi yang baik berasal dari perusahaan terkenal. Faktor lain yang mempengaruhi reputasi perusahaan ialah pengungkapan Corporate Social Rensponsibility. Corporate Social Rensponsibility merupakan salah satu hal yang sangat berperan untuk membangun citra dan reputasi yang baik. Corporate Social Responsibility (CSR) muncul karena adanya kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan sosialnya, sebagai akibat dari explorasi yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produksinya dalam hal ini terkait dengan polusi yang ditimbulkan dari bahan bakar yang digunakan oleh perusahaan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility dan risiko investasi terhadap reputasi perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan subsector transportasi di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 32 perusahaan dengan tahun pengamatan dimulai dari 2018-2020 sehingga diperoleh 96 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur berupa uji statistic deskriptif, uji autokorelasi, uji korelasi antar variabel, dan uji koefisien jalur dengan alat bantu Statistical Program for Social Science diperkuat dengan uji sobel. Risiko investasi tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.
Kata kunci : Corporate Social Responsibility;investor;profitabilitas; Reputasi perusahaan; risiko investasi
Downloads
Plum-X Analityc
References
Abdul Wahab, S. (2008). Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara.
Adeputra, M., & Wijaya, I. (2015). Pengaruh Nilai Tukar, Net Profit Margin, Return on Assets, Suku Bunga dan Inflasi terhadap Return Saham Food and Beverage. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 209–216.
Alfiansyah, R., & Listiani, E. (2016). Paid Promote Sebagai Media Promosi. Prosiding Manajemen Komunikasi, 157–162.
Alviansyah & Adiputra, I. G. (2021). Keuangan Yang Dimediasi Manajemen Laba. III(1), 24–33.
Arifin, J., & Wardani, E. A. (2016). Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure, Reputasi, Dan Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 20(1), 1–11.
Bambang, R. (2012). Dasar-dasar Pembelanjaan (Edisi 4). BDFE.
Coombs, W. . (2010). Parameters for Crisis Communication. In W.T. Coombs & S.J. Holladay (Eds.), The Handbook of Crisis Communication. WileyBlackwell.
Dahrani. (2021). Effect Of Return On Asset And Debt To Equity Ratio To Tax Avoidance In Company. International Journal of Economics, Technology and Social Sciences, 2(2), 454–461. http://ypppal-amsi.or.id/penelitian/index.php/IFR/article/view/3
Daud, A. (2016). Pengaruh inovasi, layanan, dan keunggulan posisional pada kinerja pemasaran. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 66–78.
Dea Haska. (2017). PENGARUH RISIKO INVESTASI, RETURN ON EQUITY (ROE) DAN PROCEEDS TERHADAP UNDERPRICING DENGAN REPUTASI UNDERWRITER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG IPO DI BEI PERIODE 2010-2014. Jom FEKON, 4(1), 1–14.
Ghozali, I. D. (2015). Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd Editio). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gray, et. al. (1995). Corporate Social and Environmental Reporting: A Review of Literature and a Longitudinal Study of UK Disclosure. Accounting, Audiitng, and Accountability Journal, 8(5), 47–76.
Gultom, R., Agustina, & Wijaya, S. W. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. In Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (Vol. 3, Issue 1).
Heinze. (1976). Financial Correlates of Social Involvement Measure. Akron Business and Economic Review, 7(1), 48–51.
Indra, D. Q. (2021). ANALISIS REPUTASI GENRE INDONESIA PADA KOMUNITAS DUTA GENRE. Thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
John Elkington. (1997). Cannibals With Forks?: The Tripple Bottom Line of 21st Century Business Oxford. Capstone.
Karacabey, A. A. dan Y. K. (2004). Investment Management and Financial Innovations.
Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. PT RajaGrafindo Persada.
Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII Solo.
Seran, C. R. B. (2019). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Pada Konveksi Marsalia. Other Thesis, Stie Malangkucecwara.
http://repository.stie-mce.ac.id/46/
Syamsuddin, L. (2000). Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. PT Raja Grafindo Perkasa.
Tandelilin, E. (2000). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. BPFE.
Widiyanti, D. I., & Lovett, M. M. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility Program “Pojok Baca” Pt Pertamina Ep Dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan. Scriptura, 11(2), 85–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Leni Agustina, Eka Nurmalasari, Widia Astuty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.