Analisa Faktor – Faktor E-Commerce dalam membentuk Customer Satisfaction Millenial Bukalapak
Keywords:
Kepuasan konsumen, millenial, E-commerce, Customer SatisfactionAbstract
Penerapan teknologi informasi menjadi suatu kebijakan perusahaan telah menjadi keharusan. Dalam hal ini penerapan e-commerce sangat menunjang kegiatan usaha perusahaan dalam meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan dari e-commerce yangmempengaruhi kepuasan konsumen millennial bukalapak. Selain itu, penelitian ini menjawab hipotesis, apakah ada pengaruh dimensi-dimensi e-commerce baik secara partial maupun simultan terhadap customer satisfaction. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode analisis regresi linear berganda dengan mengambil 40 sampel. Kuesioner digunakan sebagai instrument penelitian. Kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini adalah dari ketiga dimensi E-Commerce ternyata EC3 (perdagangan dengan sistem pertukaran data) mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen bukalapak; dalam pengujian hipotesis secara partial dapat disimpulkan bahwa H3 diterima sedangkan hipotesis H2 dan H1, keduanya ditolak, sedangkan secara bersama-sama seluruh dimensi E-commerce berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci:Kepuasan konsumen, millenial, E-commerce, Customer Satisfaction
Downloads
References
Ahmadi, Candra dan Hermawan, Dadang. (2013). E-Business & E-Commerce.Yogyakarta: Andi Offset
Ayditya Mochamad & Achyar Andrian. (2013). The Impact Of Satisfaction And Trust On Loyalty Of E-commerce Customers.Asean Marketing Journal.Vol 5 No 1
.
Daryanto & Ismanto Setyobudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang: Gaya Media.
Fandy Tjiptono. (2011). Service Qualiy and Satisfaction, Edisi ketiga. Yogyakarta : Andi Offset
Fandy, Tjiptono. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.
Mustafa,I.Ied. (2010). Determinants Of E-Commerce Customer Satisfaction, Trust And Loyalty In Saudia Arabia.Jurnal of Electrocic Commerce Research Vol 12, No.I,2011
Rintho Rante Rerung. (2018). E-Commerce. Yogyakarta : Deepublish.
Sarwono, Jonathan & Prihartono, A. H. (2012). Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Tata Subatri. (2012). Konsep Sistem informasi. Yogyakarta : Offset Andi.
Turban, Efraim, dkk. (2015). Electronic Commerce. Springer : New York https://apjii.or.id/survei2017 https://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 budi Prasetiyo, Egys Fazarriyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.