Pengaruh Likuiditas, Manajemen Aset, Perputaran Kas dan Struktur Modal terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Bayu Wulandari Universitas Prima Indonesia
  • Nico Geraldo Sianturi Universitas Prima Indonesia
  • Nici Tasya Edeline Hasibuan Universitas Prima Indonesia
  • Imelda Tri Ananta Ginting Universitas Prima Indonesia
  • Ardono Simanullang Universitas Prima Indonesia

DOI:

10.33395/owner.v4i1.186

Keywords:

Likuiditas (Current Ratio), Manajemen Aset (Total Asset Turnover), Perputaran Kas (Cash Turnover), Struktur Modal (Debt to Equity Ratio), Kinerja Keuangan (Return On Asset).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, manajemen aset, perputaran kas dan struktur modal terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian desktriptif. Populasi dalam penelitian sebanyak 144 perusahaan dan jumlah sampel sebanyak 77 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2016-2018. Adapun variabel yang berkaitan dengan penelitian ini adalah likuiditas (current ratio), manajemen aset (total asset turnover), perputaran kas (cash turnover), struktur modal (debt to equity ratio) dan kinerja keuangan (Return On Asset). Metode penelitian yang digunakan adalah metode uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Likuiditas (Current Ratio) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan (Return On Asset), Manajemen Aset (Total Asset Turnover) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan (Return on Asset), Perputaran Kas (debt to equity ratio) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan (Return On Asset), dan Struktur Modal tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan (Return On Asset). Secara simultan Likuiditas (Current Ratio), Manajemen Aset (Total Asset Turnover), Perputaran Kas (Cash Turnover) dan Struktur Modal (Debt to Equity Ratio) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan (Return On Asset) perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, I. (2017). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Grasindo.

Lestari, H. S., & Dewi, R. (2016). Pengaruh Financial Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis – Kompetensi, 57-68.

Nurafika, R. A., & Almadany, K. (2018). Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Semen. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 98-101.

Nuriyani, & Zannati, R. (2017). Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Perusahaan Sub-Sektor Food And Beverages Tahun 2012-2016. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Attahiriyah, 422-432.

Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Subramanyam, K. R., & Wild, J. J. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru Press.

Widiasmoro, R. (2017). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Dan Perputaran Persediaan Terhadap
Profitabilitas / ROA Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, 53-62.

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Wulandari, B., Sianturi, N. G., Hasibuan, N. T. E., Ginting, I. T. A., & Simanullang, A. (2020). Pengaruh Likuiditas, Manajemen Aset, Perputaran Kas dan Struktur Modal terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(1), 176-190. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.186