Analisis Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi Sektor Pertambangan

Authors

  • Christina Universitas Mikroskil, Sumatera Utara, Indonesia
  • Lucyana Lo Universitas Mikroskil, Sumatera Utara, Indonesia
  • Danica Julis Universitas Mikroskil, Sumatera Utara, Indonesia
  • Syafira Ulya Firza Universitas Mikroskil, Sumatera Utara, Indonesia
  • Eni Duwita Sigalingging Universitas Mikroskil, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

10.33395/owner.v8i4.2230

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji dan menganalisis faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan  (Price to Book Value) dan bagaimana peran kebijakan dividen (Dividend Payout Ratio) memoderasi hubungan faktor-faktor tersebut dengan nilai perusahaan. Semakin tinggi nilai perusahaan, maka akan diikuti dengan tingginya harga saham. Tingginya harga saham perusahaan menunjukkan tingginya kekayaan perusahaan yang tercermin dari tingginya nilai perusahaan.  Nilai perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor internal perusahaan seperti profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan, likuiditas, dan rasio aktivitas. Penelitian ini berobjek pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2020-2022. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 191 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 86 perusahaan dengan total pengamatan 131 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Squaredengan model two-stage approach dengan menggunakan alat bantu perangkat lunak statistika SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas (Return on Assets), struktur modal (Debt to Equity Ratio), ukuran perusahaan (LnTotalAsset), likuiditas (Current Ratio), rasio aktivitas (Total Assets Turn Over) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Price to Book Value) pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Selain itu, pengujian moderasi menunjukkan bahwa kebijakan dividen tidak mampu memoderasi hubungan (Return on Assets) dengan nilai perusahaan  (Price to Book Value) pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022.

Kata Kunci: Kebijakan Dividen ; Likuiditas ; Nilai Perusahaan ; Profitabilias ; Rasio Aktivitas ; Struktur Modal ; Ukuran Perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Fauziah, & Fenty. (2017). Kesehatan Bank, Kebijkan Dividen, dan Nilai Perushaaan Teori dan Kajian Empiris. Samarinda: RV Pustaka Horizon.

Franita, R. (2018). Mekanisme Good Corporate Governance dan Nilai Perusahaan Studi untuk Perusahaan Telekomunikasi. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Halim, F., & Latief, A. (2022). Pengaruh Return On Asset dan Current Ratio terhadap Nilai perusahaan Farmasi yang Go Public. Borneo Student Research, 3(3), 1–10.

Harahap, M. A. (2020). Manajemen Keuangan Konsep Dasar dan Prinsip-Prinsip. Medan: CV. Merdeka Kreasi Group.

Hartono, J. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan (Integrated and Comprehensive Edition). Jakarta: PT Grasindo.

Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan (Integrated and Comprehensive Edition). Jakarta: PT Grasindo.

Hidayat, I., & Khotimah, K. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Periode 2018-2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 1–8.

Hidayat, W. W. (2019). Konsep Dasar Investasi dan Pasar Modal. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hulasoh, R., & Mulyati, H. (2021). Pengaruh Total Assets Turnover, Return on Investment dan Price Earning Ratio terhadap Nilai Perusahaan. KOMPARTEMEN?: JURNAL ILMIAH AKUNTANSI, 19(2), 1–8.

Husna, R., & Rahayu, Y. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 1–16.

Hutabarat, F. (2023). Analisa Laporan Keuangan: Perspektif Warren Buffet. Sleman: Penerbit Deepublish.

Imam, C., Sari, F. N., & Pujiati, N. (2021). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 1–8.

Irawati, K. R., Wiyono, G., & Sari, P. P. (2022). Pengaruh Likuiditas, Struktur modal, dan Ukuran perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Industri baran dan konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Jurnal Manajemen, 14(1), 1–5.

Kartika, A., & Mahanani, H. T. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 1–13.

Ningrum, E. P. (2022). Nilai Perusahaan (Konsep dan Aplikasi). Indramayu: Penerbit Adab.

Nugroho, A. A., Zukhri, N., & Saputra, D. (2022). Produksi Timah di Asia Dalam Perspektif Harga Komoditas dan Saham. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Nursalim, A. B., Rate, P. V, & Baramuli, D. N. (2021). Pengaruh Inflasi, Profitabilitas, Solvabilitas dan Ratio Aktivitas terhadap Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur Periode 2015-2018. Jurnal EMBA, 1–13.

Purnomo, A. D., Fatimah, I., & Nurhalimah, S. (2021). Pengaruh Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Studia Akuntansi Dan Bisnis, 1–14.

Rolanta, R., Dewi, R. R., & Suhendro. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen(JIAM), 16(2), 1–10.

Sampe, F. (2023). Manajemen Keuangan Perusahaan Lanjutan. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.

Sari, D. I., & Maryoso, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Artikel Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi (AKASIA), 1–9.

Sudana, I. M. (2019). Manajemen Keuangan Teori dan Praktik. Surabaya: Airlangga University Press.

Sugeng, B. (2017). Manajemen Keuangan Fundamental. Sleman: Penerbit Deepublish.

Sukarya, I. P., & Baskara, I. K. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages. E-Jurnal Manajemen, 8(1), 1–30.

Vitaningrum, M. R. (2021). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1–4.

Warisman, W., & Amwila P, A. Y. (2022). Pengaruh Struktur Modal dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan dan Dampaknya terhadap Harga Saham pada Sektor Pertambangan Periode 2016-2020. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(2), 1–12.

Wati, L. N. (2019). Model Corporate Social Resposibility (CSR). Sidoarjo: Myria Publisher.

Yuniastri, N. putu A., Endiana, I. D. M., & Kumalasari, P. D. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. Karya Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 1–11.

Zurriah, R. (2021). Pengaruh Return on Assets (ROA) terhadap nilai perusahaan. Jurnal AKMAMI, 2(3), 1–8.

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Christina, C., Lo, L. ., Julis, D., Firza, S. U. ., & Sigalingging, E. D. . (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi Sektor Pertambangan. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 8(4), 4637-4649. https://doi.org/10.33395/owner.v8i4.2230