Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penerimaan Klien Pada Kantor Akuntan

Studi Kasus Pada KAP XX dan Rekan Jakarta

Authors

  • Thetty Surienty Rajagukguk Politeknik Ganesha Medan

Keywords:

fee audit, risiko audit, risiko bisnis auditor, keputusan penerimaan klien.

Abstract

Audit atas laporan keuangan sangat dibutuhkan oleh manajemen entitas usaha untuk menilai kinerja manajemen entitas usaha yang dilakukan oleh pihak yang tidak memiliki hubungan istimewa dengan manajemen entitas usaha tersebut. Hal ini akan berdampak positif kepada kinerja manajemen dan begitu juga kepada entitas usaha tersebut.

Keputusan penerimaan klien merupakan tahap krusial dimana langkah ini adalah awal penugasan audit atas laporan keuangan dimulai. Tujuan audit laporan keuangan adalah untuk menyatakan kewajaran atas laporan keuangan yang disusun oleh manejemen dan memastikan kesesuaian dengan standar yang berlaku. Sebelum menerima keputusan perikatan, auditor harus selektif mempertimbangkan beberapa risiko terkait perikatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fee audit, risiko audit, risiko bisnis auditor, mempengaruhi keputusan penerimaan klien di Kantor Akuntan Publik XX & Rekan Jakarta.

Populasi penelitian meliputi semua auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik XX dan Rekan Jakarta. Demikian dengan sampel penelitian disebarkan ke seluruh auditor, patner yang ada di KAP XX dan Rekan Jakarta dan manajer yang memiliki wewenang dalam keputusan penerimaan klien. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dan analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi yang digunakan dalam metede penelitian ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fee audit, risiko audit, dan risiko bisnis auditor secara parsial, risiko audit, risiko bisnis auditor berpengaruh signifikan terhadap keputusan penerimaan nasabah dan secara simultan fee audit, risiko audit, risiko bisnis auditor berpengaruh signifikan terhadap keputusan penerimaan klien auditor.       

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-04

How to Cite

Rajagukguk, T. S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penerimaan Klien Pada Kantor Akuntan: Studi Kasus Pada KAP XX dan Rekan Jakarta. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 1(2), 1-10. Retrieved from https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/26