Integrasi Pendidikan Akuntansi CSR dalam Kurikulum Perguruan Tinggi: Analisis Dampak Pada Mahasiswa

Authors

  • Tenriwaru Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Serlin Serang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar

DOI:

10.33395/owner.v9i2.2629

Keywords:

Kurikulum Akuntansi, CSR, Mahasiswa, Keberlanjutan, Etika Bisnis

Abstract

Integrasi Pendidikan Akuntansi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) ke dalam kurikulum perguruan tinggi merupakan isu yang semakin relevan di tengah meningkatnya perhatian terhadap praktik bisnis berkelanjutan dan beretika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman subjektif mahasiswa dalam mempelajari akuntansi CSR serta memahami bagaimana mereka memaknai materi tersebut. Dengan pendekatan fenomenologi, penelitian ini menggali pengalaman langsung mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran akuntansi CSR dan menganalisis dampaknya terhadap pemahaman serta sikap mereka terhadap isu tanggung jawab sosial perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kurikulum akuntansi dan CSR sangat penting bagi mahasiswa. Kurikulum ini tidak hanya memberikan wawasan teoritis tetapi juga membangun kesadaran akan pentingnya praktik akuntansi yang bertanggung jawab secara sosial. Mahasiswa merasa bahwa pembelajaran akuntansi CSR membantu mereka memahami peran akuntansi dalam mendukung keberlanjutan perusahaan, meningkatkan kesadaran sosial, dan memperkuat nilai-nilai etika dalam praktik profesional. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan kurikulum perguruan tinggi, khususnya dalam membangun landasan yang kuat bagi mahasiswa untuk memahami dan menerapkan prinsip CSR dalam karier mereka di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Amalia, E., & Srimaya, L. S. (2023). Mengintegrasikan Etika Islam Dalam Dilema Etis Dan Pendidikan Akuntansi. Jurnal Akademi Akuntansi, 5(4), 531–546. https://doi.org/10.22219/jaa.v5i4.22345

Anggraini, D. N., Sepriani, D., Wijaya, I. D., & ... (2024). Subtansi Akuntansi Sosial Dan Lingkungan Terhadap Keberlangsungan Perusahaan. WANARGI: Jurnal …, 1(2), 214–222. http://jurnalistiqomah.org/index.php/wanargi/article/view/255%0Ahttp://jurnalistiqomah.org/index.php/wanargi/article/view/255/248

Asih, P. N. W. (2024). Refleksi Pengungkapan Csr Di Indonesia: Carrot or Stick? Jurnal EQUITY, 26(1), 1–23. https://doi.org/10.34209/equ.v26i1.5143

Bonnie Soeherman. (2024). Tiga warna orientasi pendidikan akuntansi masa depan. Akuntansi Dan Teknologi Informasi, 17(1), 15–28. https://doi.org/10.24123/jati.v17i1.6348

Disemadi, H. S., & Prananingtyas, P. (2020). Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Strategi Hukum dalam Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia. Jurnal Wawasan Yuridika, 4(1), 1. https://doi.org/10.25072/jwy.v4i1.328

Dosinta, N. F., Kurniasih, E. P., & Kartika, M. (2024). Implikasi Sustainable Development Goals di Indonesia: Perspektif Riset Akuntansi dan Ekonomi. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 14(1), 103–111. https://doi.org/10.37859/jae.v14i1.6248

Erstiawan, M. S., & Soebijono, T. (2024). Akuntansi Hijau dalam Perspektif Literatur Review.

Fiandi, A., & Tsanawiyah Negeri, M. (2023). Konsep Outcome Based Education (Obe) Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 73–77. https://doi.org/XX..XXXXX/JPPI

Giri, E. F. (2008). Konvergensi Standar Akuntansi Dan Dampaknya Terhadap Pengembangan Kurikulum Akuntansi Dan Proses Pembelajaran Akuntansi Di Perguruan Tinggi Indonesia. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(2), 7–22. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i2.930

Handiwibowo, G. A., & Teknologi, D. M. (2012). Singkronisasi Aktifitas Corporate Social Resposibility ( Csr ) Dan Community Development ( Cd ) Dalam Konteks. Cd, 111–118.

Hasana, D. N., Studi, P., Syariah, A., Ekonomi, F., Bisnis, D., Negeri, I., Intan, R., Sisdianto, E., Studi, P., Syariah, A., Ekonomi, F., Bisnis, D., Negeri, I., & Intan, R. (2025). KAJIAN LITERATUR TENTANG PRAKTIK CSR DI NEGARA BERKEMBANG?: TANTANGAN DAN PELUANG BAGI AKUNTAN A LITERATURE REVIEW ON CSR PRACTICES IN DEVELOPING COUNTRIES?: CHALLENGES AND OPPORTUNITIES FOR ACCOUNTANTS. 2(1), 472–481.

Kamayanti, A. (2012). Cinta: Tindakan Berkesadaran Akuntan (Pendekatan Dialogis Dalam Pendidikan Akuntansi). Simposium Nasional Akuntansi XV Banjarmasin 2012, April 2012, 1–30.

Kuddy, A. (2017). the Power of Spirituality: Menyanding Nilai-Nilai Ketuhanan Dalam Penerapan Etika Bisnis (Pendekatan Perspektif Kristen Tentang Aspek Kepemimpinan, Sumber Daya Karyawan, Kompetitor Dan Keseimbangan Alam). Jumabis, 1(2), 48–55.

Kurniawan, P. S. (2016). Sintesa Unsur-Unsur Spiritualitas, Budaya, Dan Kearifan Lokal Masyarakat Bali Dalam Materi Kuliah Akuntansi Sosial Dan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11369

Kusumawardani, A., Irwansyah, I., Setiawati, L., Ginting, Y. L., & Khairin, F. N. (2018). Urgensi Penerapan Pendidikan Akuntansi Berbasis Akuntansi Sosial Dan Lingkungan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 2(1), 65–82. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i1.3484

Kuswarno, E. (2006). Tradisi Fenomenologi pada Penelitian Komunikasi Kualitatif: Sebuah Pengalaman Akademis. MediaTor: Jurnal Komunikasi, 07(1), 47–58. https://www.academia.edu/download/56034927/1218-2469-1-PB.pdf

Oktavianto, R., Noorma, M., Siregar, N., & Wijayanti, Y. (2023). Tren Riset Keberlanjutan dalam Pendidikan Akuntansi: Suatu Kajian Bibliometrik. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(3), 52–63.

Rumiati, A. T., Tucuan, K. P., & Azmi, D. A. (2018). Implementasi Program Campus Social Responsibility (CSR) ITS pada Masyarakat Di Sekitar Kampus ITS Surabaya. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(1), 30–36. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3340

Sartika, B., Sisdianto, E., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2024). Green Accounting dan Corporate Social Responsibility ( CS ): Konsep dan Implementasi dalam Bisnis Berkelanjutan. 3(4).

Shonhadji, N. (2021). Penggunaan Teori Sosial dalam Paradigma Interpretif pada Penelitian Akuntansi. Jurnal Kajian Akuntansi, 5(1), 49. https://doi.org/10.33603/jka.v5i1.3972

Sriwinarti, N. K., Astarini, D. A. O., & Murapi, I. (2022). Pemilihan Paradigma Penelitian Akuntansi: Analisis Berdasarkan Perilaku Keseharian Mahasiswa Akuntansi. Riset, Ekonomi, Akuntansi Dan Perpajakan (Rekan), 3(1), 71–86. https://doi.org/10.30812/rekan.v3i1.1875

Sugiarti, Y., & Tresna Santhi, N. L. P. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Studi Kasus Untuk Membentuk Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) “Studi Kasus Di PTS X Surabaya.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11(2), 136–147. https://doi.org/10.26740/jpak.v11n2.p136-147

Suharyono, S. (2018). Kilas Balik Freeport Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Ilmu Dan Budaya, 41(60), 1–15 dan 25–42. http://journal.unas.ac.id/ilmu-budaya/article/view/467%0Ahttp://journal.unas.ac.id/ilmu-budaya/article/download/467/368

Sunaryo, S. (2015). Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan. Masalah-Masalah Hukum, 44(1), 26. https://doi.org/10.14710/mmh.44.1.2015.26-33

Sutrisna, I. P. G., Putrayasa, I. B., Made, N., & Wisudariani, R. (2024). Implementasi Penjaminan Mutu Internal Dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis OBE. 7, 206–221.

Sutrisno dalam ( Ahmad Fauzi). (2023). Faktor Kebijakan Kedisiplinan Sumber Daya Manusia, Corporate Social Responsibility “CSR”, Peningkatan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kesejahteraan Karyawan Pada Pt. SKM. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 67–80.

Tasniem Fauzia, Afni, Z., & Elfitri Santi. (2021). Konten Kurikulum Akuntansi Perguruan Tinggi Dan Kesesuaiannya Dengan Standar Kompetensi Lulusan. Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 168–190. https://doi.org/10.30630/jam.v16i2.146

Yani, D. F., Aryani, Y. A., & Sumarta, N. H. (2024). Laporan Keberlanjutan di Indonesia dan Pengungkapannya di Lingkungan Perusahaan: A Systematic Literature Review. Owner, 8(3), 2103–2115. https://doi.org/10.33395/owner.v8i3.2280

Yani, N. P. T. P., & Suputra, I. D. G. D. (2020). I Dewa Gede Dharma Suputra 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1196–1207.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Tenriwaru, & Serang, S. (2025). Integrasi Pendidikan Akuntansi CSR dalam Kurikulum Perguruan Tinggi: Analisis Dampak Pada Mahasiswa. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 9(2), 1111-1122. https://doi.org/10.33395/owner.v9i2.2629