Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang terdaftar di BEI
DOI:
10.33395/owner.v4i2.295Keywords:
Liquidity, Profitability, Leverage, Dividend Policy, Interest Rates, Firm Value.Abstract
Perusahaan sektor perdagangan, jasa, dan investasi termasuk salah satu sektor dalam Indeks Saham Sektoral BEI sehingga mengakibatkan tingkat persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Nilai perusahaan menjadi salah satu penentu untuk investor sebelum melakukan investasi. Perusahaan dapat dikatakan baik apabila memiliki nilai perusahaan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh likuiditas, profitabilitas, leverage, kebijakan dividen serta suku bunga terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian iniselama tahun 2015 – 2017 sejumlah 129 perusahaan serta memakai tehnik purposive samplingdan sampel penelitian yang terpilih sebanyak 30 perusahaan. Teknik analisa menggunakanregresi linear berganda. Nilai Adjusted RSquare (R2) sebesar 0.403 yang berarti bahwa sebesar 40.3% variasi perubahan nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel independen dan selebihnya sebesar 59.7% dijelaskan oleh variabellain diluar penelitian. Secara parsial, hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas, dan kebijakan dividen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan leverage dan suku bunga tidak berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan.
Downloads
Plum-X Analityc
References
Boediono. (2014) Seri Sinopsis Pengantar Ilmu- No. 5 Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPEE
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25 Edisi 9. Semarang : Universitas Diponegoro.
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Grasindo.
Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada. Martono & Agus Harjito. (2010). Manajemen Keuangan (Edisi 3). Yogyakarta: Ekonisia. Mulyana, Setia. (2015). Manajamen Keuangan. Bandung : Pustaka Setia.
Mulyawan, Setia. (2015) Manajemen Keuangan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA
Musabbihan, N. A., & Purnawati, N. K. (2018). PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI PEMEDIASI. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(4), 1979. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i04.p10
Ningrum, F. C. (2017). PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, PENDANAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN SUKU BUNGA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. 6, 19.
Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE. 5, 24.
Sudiani, N. K. A., & Darmayanti, N. P. A. (2016). PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. 5, 30.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wati, T. K., Sriyanto, S., & Khaerunnisa, E. (2018). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Periode 2011-2016. Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(1). https://doi.org/10.35448/jmb.v11i1.4319
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Siti Dini, Tessa Ulyanti Chintia Purba, Fanni Rahmadani, Nadila Nadila, Putri Kurnianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.