E-Commerce berbasis Cash On delivery Guna Meningkatkan Omset Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Armiani STIE AMM Mataram

DOI:

10.33395/owner.v6i1.639

Keywords:

E-Commerce; COD; Omset Penjualan, UMKM, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan krisis global yang berdampak pada perkembangan Ekonomi sektor UMKM, dengan berbagai kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah untuk pemberantasan Covid-19. Sehingga transaksi bisnis dilakukan secara daring dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis E-commerce berbasis cash on delivery (COD) guna meningkatkan omset penjualan produk UMKM pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan metode studi kasus deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara terhadap informan sebanyak 9 (sembilan) orang, dengan kriteria; 1). UMKM yang menggunakan e-commerce, 2). Konsumen yang menggunakan e-commerce, 3). UMKM dan konsumen yang bertransaksi dengan e-commerce berbasis COD, dan  4). Konsumen berdomisili di Kota Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM yang menggunakan e-commerce berbasis COD dapat meningkatkan omset penjualan dan konsumen lebih banyak yang tertarik dalam bertransaksi berbasis COD, dikarenakan konsumen merasa; 1). Konsumen lebih nyaman pada ordernya, 2). Simpel dan meminimalisasi resiko tertipu, dan 3). Cepat diproses ordernya, sedangkan UMKM merasa; 1). Memberikan pelayanan yang cepat, efisien, dan efektif, 2). Mendapatkan kepastian akan terjadinya transaksi penjualan tersebut. Sehingga transaksi menggunakan e-commerce berbasis COD merupakan strategi yang tepat  yang diterapkan oleh para pelaku UMKM pada masa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Aliyu, A. A., Bin, R., & Tasmin, H. J. (2012). The Impact of Information and Communication Technology on Banks? Performance and Customer Service Delivery in the Banking Industry. International Journal of Latest Trends in Finance & Economic Sciences, 2.

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136.

Armiani, A., Basuki, B., & Suwarno, N. (2021). Teknologi Digital Memediasi Dampak Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Umkm Di Nusa Tenggara Barat. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(3), 300–320. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4892

Basuki. (2016). Metode Penelitian Akuntansi dan Manajemen. Berbasis Studi Kasus. Airlangga University Press. Surabaya.

Belalawe, M. M. (2013). Tinjauan Keamanan Sistem Transaksi dan Pembayaran pada E-Commerce Studi Kasus Toko Online. Sentika, 2013, 1–6.

Databoks. (2021). E-Commerce Jadi Pendorong Utama Ekonomi Digital Indonesia pada 2021. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/10/e-commerce-jadi-pendorong-utama-ekonomi-digital-indonesia-pada-2021

Databooks. (2019). Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh. In Dkatadata.co.id.

Databooks. (2020). Penurunan Penjualan UMKM Imbas Pandemi Covid-19. In Dkatadata.co.id (Issue April). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/06/10/penurunan-penjualan-umkm-imbas-pandemi-covid-19

Databooks. (2021). 10 E-commerce dengan Pengunjung Terbesar pada Kuartal IV 2020. Databoks.Katadata.Co.Id, datapublish.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/11/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar-pada-kuartal-iv-2020#

Ezzi, S. W. (2016). Exploring the characteristics of the e-commerce marketplace in Saudi Arabia. International Journal of Economic Perspectives, 10(4), 5–20.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Akuntansi & Ekonomika, 10(1).

Hartini, S. (2013). Hubungan Orientasi Pasar, Strategi Bersaing, Kewirausahaan Korporasi Dan Kinerja Perusahaan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 17(1), 39–53. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2013.v17.i1.257

Hasan, A., & Reza, T. (2021). Analisis Penerapan Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD) untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online pada Aplikasi Marketplace Toko Deals Of The Day. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 114–118. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI%0AANALISIS

Namira, L. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat UMKM di Kota Padang Menggunakan e-Payment sebagai Metode Pembayaran. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6, 212–224.

Piarna, R., & Fathurohman, F. (2019). Adopsi E-Commerce Pada Umkm Di Kota Subang Menggunakan Model Utaut. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 2(1). https://doi.org/10.31962/jiitr.v2i1.13

Piercy, N. (2009). Positive management of marketing-operations relationships: the case of an internet retail SME. Journal of Marketing Management, 25(5–6), 551–570. https://doi.org/10.1362/026725709X461858

Prasetiyo, B., & Fazarriyawan, E. (2020). Analisa Faktor – Faktor E- Commerce dalam membentuk Customer Satisfaction Millenial Bukalapak. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 4(1), 311–321. https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/177/111

Ramadhany, B. R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Terhadap Produk Nurayya Sampo Dandruff Tanpa Kandungan Sls. E-Jurnal, 09, 51–59. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/33580

Scupola, A. (2009). SMEs e-Commerce adoption: perspectives from Denmark and Australia. Journal of Enterprise Information Management, 22(1/2), 152–166. https://doi.org/10.1108/17410390910932803

Sedana, G. (2020). Urban Farming Sebagai Pertanian Alternatif dalam Mengatasi Masalah Ekonomi pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. 1–6.

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap serta Prilaku Konsumen pada E-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9, 1–23. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1753/1763

Singh, R. K., Garg, S. K., & Deshmukh, S. G. (2008). Strategy development by SMEs for competitiveness: A review. Benchmarking: An International Journal, 15(5), 525–547. https://doi.org/10.1108/14635770810903132

Srisadono, W. (2018). Strategi Perusahaan E-Commerce Membangun Brand Community di Media Sosial dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 167–179. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/viewFile/552/279

Supratiwi, W.-, & Agustia, D. (2020). Organizational Transformation: Memediasi Pengaruh Investasi Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Organisasi Pada Pemerintah Daerah Di Indonesia. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(3), 403–422. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2019.v3.i3.4084

Tambunan, T. T. H. (2017). Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (pp. 1–260). Ghalia Indonesia.

Yoshikuni, A. C., & Albertin, A. L. (2018). Effects of strategic information systems on competitive strategy and performance. International Journal of Productivity and Performance Management, 67(9), 2018–2045. https://doi.org/10.1108/IJPPM-07-2017-0166

Yuwana, S. I. P. (2020). Coronanomics?: Strategi Revitalisasi UMKM Menggunakan Teknologi Digital di Tengah Pandemi Covid-19. Journal Of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(1), 58–68. E-ISSN 2716-0092

Zainurrafiqi, Z., & Rachmawati, R. (2019). Pengaruh Etika Bisnis, Faktor Kontingensi Dan Tingkat Penggunaan Internet Terhadap Daya Saing. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 2(4), 550–571. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i4.426

Downloads

Published

2022-01-08

How to Cite

Armiani, A. (2022). E-Commerce berbasis Cash On delivery Guna Meningkatkan Omset Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi Covid-19 . Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 668-676. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.639