Tingkat Pemahaman dan Minat Masyarakat dalam Penggunaan Fintech

  • Chairul Iksan Burhanuddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Nur Abdi Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Abstrak


Financial technology/Fintech merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.


Penggunaan aplikasi dalam kegiatan bisnis digunakan untuk memaksimalkan waktu dan biaya guna menghasilkan keuntungan yang dinginkan. Dengan adanya kebutuhan tersebut, maka saat ini banyak pengembang aplikasi yang menawarkan hasil buatannya guna mendukung kegiatan bisnis. Kegiatan Jual beli, pinjaman dana, bahkan mengirimkan uang lewat aplikasi online memudahkan semuanya sehingga masyarakat tidak lagi dibatasi oleh jarak dan waktu.


Tujuan Penelitian (1) untuk mengetahui tingkat pemahaman masyarakat tentang penggunaan Fintech dalam mendukung Inovasi dan Teknologi Bisnis (2) Untuk mengetahui minat masyarakat dalam penggunaan fintech untuk mendukung inovasi dan teknologi bisnis.


Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survey secara online. Sampel penelitian adalah Mahasiswa, Pengusaha kecil dan menengah, dan Karyawan negeri dan swasta. Sampel dipilih secara random dengan total 200 responden.


Kata Kunci: Fintech, Inovasi, Teknologi, Aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-23
How to Cite
BURHANUDDIN, Chairul Iksan; ABDI, Muhammad Nur. Tingkat Pemahaman dan Minat Masyarakat dalam Penggunaan Fintech. Owner, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 21-27, jan. 2019. ISSN 2548-9224. Available at: <https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/79>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.33395/owner.v3i1.79.