Pengelolaan Keuangan, Sistem Akuntansi Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan

Authors

  • Pieter Leunupun Universitas Kristen Indonesia Maluku
  • Grace Persulessy Universitas Kristen Indonesia Maluku
  • Melisa Yuliana Souhuwat Universitas Kristen Indonesia Maluku

DOI:

10.33395/owner.v6i3.884

Keywords:

Pengelolaan Keuangan Daerah, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kualitas Laporan Keuangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengelolaan keuangan daerah dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah di Kabupaten Seram Bagian Barat. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada responden yaitu, seluruh staf atau karyawan yang ada dalam instansi pemerintahan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan keuangan daerah tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan sesuai dengan peraturan dan ketetapan pemerintah tidak dapat menjamin bagusnya kualitas laporan keuangan pemerintah suatu daerah. Sementara itu sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat. Hal ini membuktikan bahwa sistem akuntansi keuangan daerah yang berjalan efektif akan menghasilkan informasi laporan keuangan yang berkualitas. Artinya jika semakin baik sistem akuntansi keuangan daerah maka laporan keuangan yang dihasilkan juga akan semakin meningkat. Peningkatan penerapan pengelolaan keuangan daerah serta sistem akuntansi keuangan daerah perlu terus dilaksanakan melalui kegiatan pimpinan serta seluruh pegawai BPKAD setempat, yang dilakukan bukan hanya bersifat incidental dan responsive atas kasus tertentu saja, tetapi bersifat terus-menerus. Kualitas laporan keuangan dalam instansi pemerintahan harus benar-benar memenuhi standar pelaporan karena ketimpangannya akan memberikan dampak ke berbagai bidang.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. IHPS I. (2018). https://www.bpk.go.id/ihps/2019/06/android.html [ June 6, 2019].

Bastian, Indra. (2007). Audit Sektor Publik, Jakarta: Salemba Empat.

Defitri, dan Siska Y. (2018), Pengelolaan Keuangan Daerah dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan, Jurnal Benefita, Vol.3, No.1. E-ISSN:2477-7862

Emeka-Nwokeji, N. A. (2012). Repositioning accounting information system through effective data quality management: A framework for reducing costs and improving performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 1(10), 86-94.

Erlina, Omar Sakti, dan Rasdianto. (2015). Akuntansi Keuangan Daerah Berbasis Akrual, Jakarta: Salemba Empat.

Halim, Abdul. (2004). Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Hanifa,L,Wawo,A.B, dan Husin D. (2016). Pengaruh Kompetensi Pengelolaan Keuangan Dan Sistim Akuntansi Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Progress Ekonomi Pembangunan. Vol. 1 No.2.

Juwita, Rukmi. (2013). Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Trikonomika, Vol.12, No.2. ISSN:1411-514X.

Komarasari, W. (2017). Pengaruh kapasitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian intern akuntansi terhadap keterandalan pelaporan keuangan daerah (Pada SKPD Kabupaten Bantul Bagian Akuntansi dan Keuangan). Prodi Akuntansi UPY.

Komite Standar Akuntansi Pemerintah. (2019). Standar Akuntansi Pemerintah (SAP)

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta: ANDI.

Nurillah, A.S dan D.Muid. (2014). Pengaruh Kompetensi Sumber daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD), Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Sistem Pengendalian Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Skripsi.Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Pasha dan A Kamal. (2018). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Pengelolaan Keuangan Daerah, Sistim Pengendalian Intern dan Kompetensi Staf Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada SKPD Kabupaten Grobogan). Skripsi Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Pradono, Febrian Cahyo dan Basukianto. (2015). Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah: Faktor Yang Mempengaruhi Dan Implikasi Kebijakan (Studi Pada SKPD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah), Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 22, No.2. ISSN: 1412-3126.

Rahma, A. A., Lusiana, L., & Indriani, P. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Size Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Benefita, 4(2), 210-220.

Sholeh, Chabib dan Rochmansjah, Heru, (2010), Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sebuah Pendekatan Struktural Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik, Bandung: Fokus media.

Downloads

Published

2022-07-07

How to Cite

Leunupun, P. ., Persulessy, G., & Souhuwat, M. Y. . (2022). Pengelolaan Keuangan, Sistem Akuntansi Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(3), 2364-2476. https://doi.org/10.33395/owner.v6i3.884