Pengaruh Ukuran perusahaan dan Ukuran Komite Audit terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Pada BEI Tahun 2014-2018

Authors

  • Jaenal Abidin UNIVERSITAS PAMULANG
  • Siska Anggun Lestari Universitas Pamulang

DOI:

10.33395/owner.v4i1.214

Keywords:

Company Size, Audit Committee Size, Corporate Social Responsibility

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of company size on corporate social responsibility disclosure and to determine the effect of audit committee size on corporate social responsibility disclosure, and to determine the effect of company size and audit committee size together on corporate social responsibility disclosure in mining companies in the period 2014-2018. Data collection using secondary data obtained from the Indonesia Stock Exchange. The population in this study are mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Sampling with puposive sampling method, there are 155 samples. The method of analysis uses multiple linear regression. The results of the study concluded that the size of the company and the size of the audit committee simultaneously had a significant effect on corporate social responsibility disclosure, company size had no significant effect on corporate social responsibility disclosure, and the size of the audit committee had a significant effect on corporate social responsibility disclosure.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Anggraini, Novia Dwi., (2018). ”Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”. Skripsi. Tangerang Selatan. Fakultas Ekonomi. Universitas Pamulang.
Bramatalla, Erlian Fitrah., (2016). “Pengaruh Corporate Governance dan Profitabilitas Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Resposibility”. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Lampung
Dermawan, Decky., dan Tita Deitiana., (2014). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Jakarta. STIE Trisakti.
Dewi dan Dita Nur Khafi., (2018). “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility”. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Ekonomi Volume 1 No. 3 Februari 2018. Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi. Universitas Satya Negara Indonesia
Erwanti, Yulinia., dan Haryanto., (2017). “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dewan Komisaris, Komite Audit dan Kualitas Audit Terhadap Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial”. Jurnal Volume 6 Nomor 4, Halaman 1-14. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro
Fatimah, dkk. (2015). “Pengaruh Komisaris Independen dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014”. Jurnal. Riau.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Riau.
Ghozali, Imam., “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9”. Semarang: Universitas Diponegoro. 2018.
Gujarati, Damodar N., “Dasar-Dasar Ekonometrika Edisi 5 Buku 1”. Jakarta: Salemba Empat. 2014.
Harahap, Sofyan Syafri., “Teori Akuntansi Edisi Revisi 2011”. Jakarta: Rajawali Pers. 2011
Kieso, dkk., “Akuntansi Intermediate Edisi Kedua Belas Jilid 1”. Jakarta: Erlangga. 2008
Klau, Cunegundis Blandina., (2017). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility”. Skripsi. Surabaya. Fakultas Bisnis. Universitas Katolik Widya Mandala.
Krisna, Aditya Dharmawan., dan Suhardianto Novrys., (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tangung Jawab Sosial”. Jurnal akuntansi dan keuangan Vol 18. No. 2. Hal 119-128. Surabaya.
Kristiana, dkk., (2016). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi”. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol 12 Hlm 150-1158. Surakarta. Universitas Slamet Riyadi
Manjalang, Reza., (2016). ”Pengaruh Good Corporate Governance Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Tingkat Pengungkapan Corporate Social Responsibility”. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Muliawan, Pratama Nandra., (2014). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi pengungkapan CSR Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2012”. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Katolik Soegijapranata.
Pradana, Andre Virgia., (2017). “Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility”. Skripsi. Surakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Sha, Thio Lie., (2014). “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap pengungkapan Tanggungjawab Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2009-2011”. Jurnal Akuntansi Volume XVIII No. 01. Jakarta. Universitas Tarumanegara.
Sudjana, Ni Luh., dan Sudana I Putu., (2017). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan CSR Dengan Profile Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi”, dalam E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 10.3. hal 2468-2492. Denpasar. Universitas Udayana.
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta. 2017
Sumardi, dkk., “Akuntansi 1A Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa”. Jakarta: Yudhistira. 2006.
Sunyoto, Danang., “Metodologi Penelitian Akuntansi”. Yogyakarta: Refika Aditama. 2016.
Susanto. “A Strategic Management Approach Corporate Social Responsibility”. Jakarta: The Jakarta Consulting Group. 2007
Wati, Lela Nurlaela., (2016). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dengan GRI 3”. Jurnal Ecodemica Vol. 2 No. 2. Jakarta. STIE Muhammadiyah Jakarta.

Downloads

Published

2020-01-25

How to Cite

Abidin, J., & Lestari, S. A. (2020). Pengaruh Ukuran perusahaan dan Ukuran Komite Audit terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Pada BEI Tahun 2014-2018. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(1), 48-58. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.214