Pengaruh Kualitas Pengungkapan Csr Terhadap Kepuasan Dan Layanan Akademik Di Kampus Uph Medan
DOI:
10.33395/owner.v8i3.2427Keywords:
Kepuasan, Layanan dan Corporate Social ResponsibilityAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh X1 (Kepuasan) terhadap variabel Y(Corporate Social Responsibility) (CSR)) dan juga variabel X2 (Layanan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (Corporate Social Responsibility (CSR)). Menggunakan sampel 33 dari mahasiswa UPH Kampus Medan. Survei dilakukan dengan mengisi kuesioner online. Analisis data menggunakan SPSS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa X1 terlihat t hitung > t tabel (2,516 > 2,03951) dengan nilai signifikansi 0,017 < 0,05. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa variabel X1 (Kepuasan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y(Corporate Social Responsibility (CSR)) dan Untuk variabel X2 terlihat t hitung > t tabel (2,260 > 2,03951) dengan nilai signifikansi 0,031 < 0,05. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa variabel X2 (Layanan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (Corporate Social Responsibility (CSR)).Pada koefisien determinasi memiliki pengaruh dengan nilai 36,4% dan sisanya sebesar 63,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji F, jika nilai Fhitung > F Tabel dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka disimpulkan secara simultan (serempak) variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat.
Downloads
Plum-X Analityc
References
Abuno, M. I. C., Nangoi, G. B., & Gamaliel, H. (2021). Evaluasi Penerapan Corporate Social Responsibility Di PT Remaja Jaya Mobilindo Manado. Jurnal EMBA, 9(4), 793–800.
Adila, A. N. (2022). Pengaruh Program Csr, Kepercayaan Konsumen Dan Persepsi Konsumen Terhadap Perilaku Konsumen Aqua. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02), 261–275. https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24058%0Ahttps://journal.uii.ac.id/selma/article/download/24058/13917
Afriani, Antong, & Usman, H. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Di Mata Masyarakat Pada PT Pratomo Putra Teknik Palopo. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 7(1), 16–26. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jrtap/article/view/6478
Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.837
Aisyah, S., Kurniati, K., & Suryani, H. (2021). Dimensi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Fasilitas dan Layanan Akademik Jurusan PKK FT UNM. Seminar Nasional LP2M UNM, 1013–1026.
Akbar, R. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Loyalitas Konsumen Go-Jek. Jurnal STEI Ekonomi, XX(Xx), 1–24.
Ardani, N. K. S., & Mahyuni, L. P. (2020). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Manfaatnya Bagi Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 12–23.
Ardianti, P. N. H., & Dewi, N. L. P. S. (2018). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Perguruan Tinggi dan Implikasinya Pada Intake Perguruan Tinggi Swasta Di Bali. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2).
Assyahri, W., & Mardaus, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 5(3), 239–247. https://doi.org/10.24036/jmiap.v5i3.638
Cahya, R. A. (2022). Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk Sebagai Upaya Dalam Pembinaan Lingkungan Dan Kemitraan. JIM: Journal Of International Management, 1(1), 43–54.
Firdaus, T. R., & Idris. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Brand Image Telkomsel Di Kota Padang. Jurnal Universitas Negeri Padang.
Gani, R. A., Muharram, H., & Hannan, S. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Servicescape terhadap kepuasan pelanggan dengan Brand Image Sebagai Variable Intervening. Jurnal Artha Satya Dharma, 16(1), 56–60.
Hamsiah, S., Malik, I., & Parawu, H. E. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 3(1), 110–124. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/view/5374
Lussianda, E. O. (2019). Pengaruh Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda Pekanbaru. Forum Ekonomi, 21(2), 126–131. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI%0D
Marnelly, T. R. (2012). Corporate Social Responsibility Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(2).
Muliadi, A., Prayogi, S., & Nufida, B. A. (2022). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pendidikan Sistem Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Multi Discere Journal, 1(1), 8–14. https://journal-center.litpam.com/index.php/mdj/article/view/849%0Ahttps://journal-center.litpam.com/index.php/mdj/article/download/849/545
Mustofa, A. W., & Trisnaningsih, S. (2022). Studi Literatur?: Urgensi Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Perusahaan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 809–819.
Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen, 7(2), 155–167. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.4139
Nur’aqil, A. N., & Rohman, F. (2022). Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Pada Program TJSL PT Angkasa Pura II (Persero) Periode 2021). Journal of Development Economic and Social Studies, 1(1), 142–147.
Pangaribuan, R., & Ginting, K. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Dan Kualitas Layanan Akademik Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Fakultas Sains Dan Teknik Universitas Nusa Cendana). Jurnal Diferensial, 03(02), 56–70.
Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Karya Abadi, 5(2).
Raza, A., Rather, R. A., Iqbal, M. K., & Bhutta, U. S. (2020). An assessment of corporate social responsibility on customer company identification and loyalty in banking industry: a PLS- SEM analysis. Management Research Review, 43(11), 1337–1370.
Ratnaningrum, L. P. R. A. (2023). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan pada Perguruan Tinggi. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Managemen, 3(1), 279–299. http://bussman.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/124/140
Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3).
Setiawan, A., Ikatrinasari, Z. F., & Prabowo, H. A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan Dengan Menggunakan Metode Eduqual dan Importance Performance Analysis. 10(2), 1–9.
Sumardin, Sabri, & Mustaqim, H. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Ibnu Sina dalam Proses Perkuliahan. SEIKO?: Journal of Management & Business, 6(1), 771–781. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3736
Sumianti, Syamsuddin, Nurhalimah, S., Hasbullah, Herlina, & Musjuliana. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Administrasi Akademik Pegawai IAIN Kendari. Jurnal Ta’dib, 23(1), 29–39.
Wijana, I. K., & Rusiawati, R. T. H. D. (2021). Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan. Mimbar Ilmu, 26(2), 268–273. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.34538.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hantono, Thrylbi Anabel , Vicky Gaya Galani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.