Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI

Authors

  • Zulia Hanum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Jihan Faradila Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

10.33395/owner.v7i1.1114

Keywords:

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Agresivitas Pajak

Abstract

Fenomena penyajian laporan keuangan terkait tanggung jawab sosial perusahaan makanan dan minuman pada Bursa Efek Indonesia mengalami kenaikan namun perusahaan makanan dan minuman tersebut masih melakukan penghindaran pajak. Pada tahun 2015-2019 beberapa perusahaan makanan dan minuman menunjukan bahwa meningkatnya tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat tidak menjamin perusahaan untuk berhenti melakukan penghindaran terhadap pajaknya begitpula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 11 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2015 - 2019 dengan total data pengamatan sebanyak 55 data selama 5 tahun pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan uji hipotesis dengan alat bantu software SPSS 26. Dalam statistic desktiptif nilai minimum corporate social responsibility sebesar 0,050 dan nilai maksimumnya sebesar 0,350 sedangkan nilai minimum agresivitas pajak sebesar 0,185 dan nilai maksimumnya sebesar 0,349. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

        Plum-X Analityc

References

Aryudanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengukuran Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014). Universitas Diponegoro, Semarang.

Florensia, Winda, & Hardiningsih, P. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Media Exposure Terhadap Agresivitas Pajak. Dinamika Akuntansi Keuangan & Perbankan, 4(2), 136–151.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Universitas Diponegoro.

Hanum, Z. (2019). Pengantar Perpajakan. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Heri. (2013). Akuntansi Dan Rahasia Dibaliknya Untuk Para Manajer Non Akuntansi. Jakarta: Bumi Aksara.

Jananti, N. W. R., & Setiawan, P. E. (2018). Pengaruh Agresivitas Pajak Pada Corporate Social Responsibility Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24(1), 170–195.

Januri. (2009). Analisis Penerapan Tax Planning Atas Pph Badan Pada Pt Perkebunan Nusantara III.

Jessica, & Toly, A. A. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak. Tax & Accounting, 4(1).

Kuriah, H., & Asyik, N. (2016). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak. Ilmu Dan Riset, 05(03).

Lanis, R., & Richardnson, G. (2012). Corporate Social Responsibility And Tax Aggressiveness: An Empirical Analysis. Journal Of Accounting And Public Policy, 14(3), 611–645.

Madarina, A. & M. D. A. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2013-2017). Diponegoro Journal Of Accounting, 8(4).

Pohan, C. A. (2013). Manajemen Perpajakan?: Strategi Perencanaan Pajak & Bisnis.

Rusydi, M. K., & Martani, D. (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Aggressive Tax Avoidance. Sna 17 Universitas Mataram, Lombok.

Sari, S. M. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016).

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D. In Alfabeta, Cv.

Suyanto, K. D., & S. (2012). Pengaruh Likuiditas, Leverage , Komisaris Independen, Dan Manajemen Laba Terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan. 16(2). 16(2).

Watson, L. (2015). Corporate Social Responsibility, Tax Avoidance, And Earnings Performance. American Accounting Association, 37(02), 1–21.

Yoehana. (2013). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Hanum, Z., & Faradila, J. . (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 479-487. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1114

Most read articles by the same author(s)